BijakFun

Smartbilitas Dihadirkan Temanggung Untuk Disabilitas Bekerja

Dinperinaker Kabupaten Temanggung luncurkan aplikasi layanan Smartibilitan untuk bantu disabilitas bekerja

2,211  views

KamiBijak.com, Hiburan – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Temanggung luncurkan aplikasi layanan Smartbilitas untuk bantu disabilitas bekerja di dunia usaha.

Launching Smartbilitas, Kabar Baik untuk Penyandang Disabilitas di  Temanggung - Info Temanggung

Selain menandatangani komitmen bersama antara dunia usaha dengan Disperinaker dalam penyerapan tenaga kerja.

Al Khadzir selaku Bupati Temanggung menyebutkan Smartbilitas adalah sistem mendaftar untuk disabilitas secara online maupun manual. 

Tercatat sebanyak 1447 disabilitas Kabupaten Temanggung telah menginjak di usia kerja, dan hanya 10 orang yang sudah bekerja dalam perusahaan.

"Dinperinaker memfasilitasi untuk menyusun database mulai dari usia, pendidikan, keterampilan sampai dengan kemauan bekerja di bidang yang diinginkan," ucap dia.

Hal ini adalah sebagai bentuk upaya pemerintah mengajak seluruh perusahaan di Kabupaten Temanggung untuk ikut mempekerjakan disabilitas.

“Karena penyandang disabilitas ini memiliki hak yang sama, yang setara dengan masyarakat lainnya, sehingga harus kita berikan pembelaan untuk bisa ikut bekerja di perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Temanggung,” ucap dia.

Launching Smartbilitas untuk Penyandang Disabilitas

Agus Sarwono selaku Kepala Disperinaker menyebut jika disabilitas yang mempunyai bekal pendidikan akan disalurkan ke perusahaan-perusahaan.

“Kami melihatkan pihak ketiga untuk membersihkan sarang walet. Sarang walet itu kan tidak perlu ada pendidikan khusus, sehingga cukup dengan ketelitian saja mereka bisa melatih dan mengkoordinir teman-teman di lingkungan kerja mereka,” ungkapnya. (MG/Dicky)

Sumber: krjogja.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   
 
 

Terima kasih sudah menonton. Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.