KabarBijak

Skema Bantuan Covid-19 untuk Pekerja dengan Upah di Bawah Rp 5 Juta

Pemerintah menyiapkan anggaran hingga Rp 31 triliun untuk rencana penyaluran bantuan terhadap pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta.

1205   views

Kamibijak.com, Infosiana – Pemerintah tengah menyiapkan skema penyaluran dana bantuan sosial untuk pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta. Anggaran senilai Rp31 triliun disiapkan untuk penyaluran bantuan terhadap penerima manfaat yang jumlahnya mencapai 13 juta pekerja.

Wacana penyaluran bantuan sosial ini muncul seiring melemahnya perekonomian karena pandemi covid-19. Pandemi yang belum juga tuntas turut menyebabkan daya beli masyarakat menjadi turun.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menjelaskan, pihaknya sedang melakukan identifikasi pihak-pihak yang dapat diberikan bantuan sosial. Penyaluran bantuan bertujuan sebagai salah satu langkah pemulihan ekonomi.  Peningkatan belanja pemerintah juga dilakukan dengan tujuan melindungi masyarakat.

Bantuan sosial produktif dengan dana anggaran Rp 30 triliun bagi 12 juta UMKM adalah salah satu contoh belanja pemerintah. Selanjutnya, pemerintah juga menambah bantuan sosial untuk pembelian beras ke 10 juta penerima anggaran dengan total senilai Rp 4,6 triliun.

Selain itu, bansos tunai dengan total Rp5.000.000 per penerima kartu sembako. Bansos dengan total anggaran sebesar Rp 203,9 triliun disalurkan untuk menghadapi Covid-19. Saat ini, kenaikan belanja bantuan sosial pada semester satu sudah mencapai 59,9 persen dengan dana realisasi sebesar Rp85 triliun.

"Presiden telah melakukan langkah-langkah bagi seluruh kementerian untuk mengakselerasi penggunaan anggaran yang sudah ditetapkan dalam Perpres 72/2020," jelasnya melalui laman Antara.

Pandemi covid-19 benar-benar mempengaruhi perekonomian Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat untuk pertama kalinya, pertumbuhan ekonomi berada di level negatif.

Sumber: https://merahputih.com/post/read/pekerja-dengan-gaji-di-bawah-5-juta-bakal-dapat-bantuan-sosial
#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): bansos covid 19,bansos covid-19,bantuan sosial covid 19,bantuan sosial corona,bantuan sosial pandemi covid,bansos covid 19 untuk pekerja,bantuan covid 19 untuk pekerja upah dibawah 5 juta,menteri keuangan,sri mulyani indrawati,kamibijak,kami bijak