KabarBijak

Situasi UTBK 2024 Dengan Peserta Disabilitas di Kampus UI

Situasi terkini, UTBK-SNBT 2024 bagi para peserta Disabilitas di Kampus UI Depok.

1,184  views

KamiBijak.com, Infosiana - Ada sejumlah 120 orang disabilitas mengikuti ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di kampus Universitas Indonesia (UI), Depok. Terdiri dari 10 orang disabilitas netra, 109 orang disabilitas daksa, dan 1 orang disabilitas ganda netra-daksa. Untuk tahun ini, jumlah peserta disabilitas lebih banyak dari tahun lalu. 

Fasilitas yang disediakan UI sudah ramah disabilitas, misalnya aplikasi Non Visual Desktop Access (NVDA) yang membantu peserta disabilitas netra bisa mendengarkan soal-soal ujian melalui headset dan menggunakan komputer. Serta diberikan alat tulis reglet.

Dalam ruang ujian ada satu orang pendamping dan satu orang teknisi yang siap membantu peserta, termasuk mengantarkan ke toilet. Setelah ujian, mereka juga membantu peserta keluar ruangan menemui keluarga yang menunggu. 

Makhsun Intikhon, salah satu peserta netra merasa senang dengan fasilitas, akses, dan pendampingan yang sudah lebih baik dan ramah disabilitas, hingga membuat dia bersemangat sejak waktu persiapan belajar sampai ujian hari itu. Menurutnya, dengan mendengarkan penjelasan dari berbagai video pembelajaran dapat membantunya untuk lebih memahami suatu materi dan menjawab soal-soal ujian.

“Saya bersyukur, walaupun soal ujian terasa sulit khususnya Matematika dan Bahasa Inggris, tetapi saya dapat mengerjakannya dengan lancar. Selain fasilitas yang menunjang, petugas di sini juga sigap membantu saya,” kata Makhsun. (Restu) 

Sumber: medcom.id

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.