KamiBijak.com, Infosiana. Tahun ini, Sister City Berlin Jakarta merayakan ulang tahunnya yang ke 25 tahun. Berlin dan Jakarta adalah kota Metropolitan yang juga memiliki para penyandang disabilitas sebagai masyarakatnya.

Dalam rangka mengembangkan solusi untuk masyarakat disabilitas, tim proyek Sister City Berlin-Jakarta dibentuk. Proyek ini terdiri dari Universitas Humboldt yang diwakili oleh Prof. Dr. med Michael Arnold Wahl, yang bermitra dengan tim dari Gerkatin DKI Jakarta serta Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Menurut Irdanelly Djamal, Ketua Gerkatin (Gerakan Kesejahteraan Tunarungu untuk Indonesia) DKI Jakarta mengatakan bahwa tujuan acara ini adalah merupakan sebuah awalan dari pertukaran budaya atau informasi antara kota Jakarta, Indonesia dengan Berlin, Jerman.

“Proyek kerjasama kota kembar ini melihat bagaimana peran aktif disabilitas dalam dunia pendidikan dan tenaga kerja, serta peran pemerintah Jakarta untuk memberi akses kepada penyandang disabilitas pada umumnya dan disabilitas Tuli khususnya,” ujarnya.

Acara ini juga dibuka oleh Anies Baswedan selaku Gubernur Provinsi DKI Jakarta. Menurutnya, projek ini merupakan bantuan pemerintah kota Berlin yang bekerjasama dengan Universitas Humboldt Berlin dalam rangka memeringati hari ulang tahun Sister City Berlin-Jakarta yang ke 25 tahun.

“Acara pertukaran informasi yang berkelanjutan tentang peluan pendidikan dan peningkatan partisipasi penyandang disabilitas di dalam/dan masyarakat sipil di Jakarta dan Berlin ini diharapkan dapat mengetahui kondisi terkini mengenai perkembangan penyandang disabilitas serta dapat menentukan untuk memperbaiki masalah yang ada,” ujar Anies Baswedan dalam pidatonya.

Workshop ini diharapkan dapat memberikan gambaran kondisi umum penyandang disabilitas di Berlin dan Jakarta untuk menjadi masukan bagi pihak-pihak yang terkait agar dapat menciptakan masyarakat dan lingkungan yang inklusif.


#KabarBijak

#KamiBijakID

#SisterCityBerlinJakarta

#GenggamDuniaTanpaSuara

 

 

Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share.

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

 

 

Follow kami juga di sini:

Website: http://bit.ly/KamiBijakcom

Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram

Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

 

 

Terima kasih sudah menonton. Like, follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat dalam membuat konten yang lebih bermanfaat.