BijakFlash

Sisi Positif ADHD, Lebih Tangguh dalam Menjalani Hidup

Keterbatasan itu tidak selalu membebankan, berikut manfaat ADHD yang membawa hal-hal positif.

1,211  views

KamiBijak.com, Flash -  ADHD, kepanjangan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder yang artinya gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Seseorang menjadi hiperaktif, sulit berkonsentrasi, dan sering bertindak tanpa berpikir. Namun, tiap gejala ADHD yang dialami dapat berbeda. Ada tiga subtipe ADHD yang berbeda, masing-masing dengan gejala yang berbeda pula. Beberapa orang dengan ADHD lebih cenderung mengalami masalah perhatian, yang lain mungkin lebih hiperaktif dan impulsif, dan ada juga yang mengalami campuran dari kedua gejala tersebut.

 

Keterbatasan itu tidak selalu membebankan, berikut manfaat ADHD yang membawa hal-hal positif.

1.Energi tinggi yang dapat membuat terus produktif. Orang bergejala ADHD yang berbicara berlebihan ini dapat dialihkan energi tingginya untuk melakukan aktivitas fisik dan olahraga, atau mengarahkannya secara produktif. 

 

2. Hiperfokus atau berkonsentrasi secara mendalam. Hiperfokus dapat membantu seseorang untuk menyelesaikan tugas dengan efisiensi tinggi, dan mempelajari suatu topik secara mendalam. Ini mirip dengan konsep "flow" yang dikemukakan oleh psikolog Mihály Csíkszentmihályi, yaitu keadaan konsentrasi intens dan penyerapan penuh dalam suatu aktivitas yang menghasilkan perasaan kenikmatan dan kepuasan yang mendalam.

 

3. Kreativitas yang inovatif. Rasa ingin tahu yang tinggi dan pemikiran kaku yang berbeda ini dapat menghasilkan sebuah kreativitas, sebab mereka cenderung memiliki keinginan dan keterbukaan terhadap pembelajaran, yang dapat membantu mereka mengeksplorasi ide-ide baru dengan cara yang inovatif.

 

4.Spontanitas dan berani bertindak. Sikap impulsif seperti bertindak tanpa berpikir, tidak sabar, dan menyela orang lain ini merupakan ciri spontanitas yang menggambarkan seseorang bersemangat, terbuka terhadap pengalaman baru, tidak mudah khawatir, berani, dan suka petualangan. Spontanitas ini dapat membantu orang mengejar minat mereka dan fokus melakukan hal-hal yang benar-benar membuat mereka bahagia.

 

5.Ketangguhan dalam bertahan hidup. Ketangguhan ini adalah kekuatan mental yang memungkinkan orang dengan ADHD untuk terus berusaha meskipun menghadapi rintangan. Kekuatan ini membantu mereka tidak hanya bertahan, tetapi juga tumbuh dan berkembang dalam menghadapi kesulitan. (Restu)

Sumber: liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini: 
 
 
Terima kasih sudah menonton.
 
Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.