BijakFun

Simak Yuk! Ini Keuntungan Memelihara Anjing Bagi Penyandang Disabilitas

penelitian para ahli menunjukan bahwa memelihara anjing sebagai pendamping dapat memberikan manfaat bagi disabilitas. Simak info lengkapnya yuk!

229   views

Kamibijak.com, Hiburan – Universitas Sheffield bersama Canine Partners Foundation mengadakan penelitian terhadap peran hewan peliharaan anjing sebagai pendamping bagi penyandang disabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa anjing mampu memberi manfaat bagi penyandang disabilitas dalam menghilangkan rasa kesepian.

Penelitian dilakukan dengan melakukan survei dan wawancara kepada para penyandang disabilitas berusia 18 hingga 35 tahun yang memiliki anjing pendamping. Hasilnya, lebih dari 90 persen penyandang disabilitas berusia muda yang memiliki anjing pendamping menyatakan bahwa rasa kesepiannya berkurang, sedangkan 86 persen merasa lebih optimis.

Hasil lainnya menunjukkan bahwa sebanyak 88 persen merasa kecemasannya berkurang, 86 persen merasa tidak terisolasi. 90 persen mengatakan anjing pendamping telah meningkatkan rasa kepercayaan diri mereka dan membantu menavigasi situasi sosial.

Sebanyak lebih dari 65 persen menyatakan bahwa mereka tidak bergantung lagi dengan uluran tangan orang lain sejak memiliki anjing pendamping. Sebanyak 81 persen merasa bahwa rasa tidak nyaman mereka dan rasa bersalah ketika mengandalkan pendamping orang lain merasa berkurang.

Menariknya, sebanyak lebih dari 50 persen merasakan telah mampu menjaga kesehatan fisik dengan lebih baik setelah memiliki anjing pendamping.

"Penelitian kami memperjelas dampak transformatif yang dapat dimiliki anjing pendamping terhadap kehidupan anak muda difabel. Meningkatkan kemandirian mereka, membangun kepercayaan diri, dan membantu mereka menerima diri sendiri," ujar Dr. Kristy Liddard, Peneliti Senior Universitas Sheffield.

Sally Whitney, seorang peneliti penyandang disabilitas yang meneliti proyek tersebut menyatakan bahwa kepemimpinannya dalam menjalankan proyek ini merupakan kehormatan dan kegembiraan baginya. Hal yang diteliti merupakan topik yang sangat penting baginya.

"Itu karena pengalaman saya sendiri sebagai anak muda difabel dan memiliki anjing pendamping, Ethan, yang berarti saya sangat tertarik untuk bekerja pada proyek tersebut," pungkasnya.

Sumber: https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4246633/anjing-pendamping-bikin-optimis-dan-bantu-perbaiki-suasana-hati-ini-buktinya?medium=Headline&campaign=Headline_click_1


#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
Tag: disabilitas,penyandang disabilitas,manfaat memelihara anjing,manfaat menjadikan anjing sebagai pendamping,anjing sebagai pendamping disabilitas,kamibijak,kami bijak