BijakFun

Simak Yuk! Begini Cara Youtuber Tunanetra Fakhry Muhammad Rosa Deteksi Informasi Hoaks

Pandemi COVID-19 tidak hanya di sektor perekonomian, pandemi menyebabkan kekhawatiran dari informasi hoaks yang tersebar di berbagai media,

662   views

Kamibijak.com, Hiburan – Pandemi Covid-19 tentu saja menyebabkan berbagai krisis dan kekhawatiran di masyarakat. Selain menyebabkan perekonomian yang melemah, informasi-infomasi yang disampaikan di Internet bisa saja merupakan informasi hoaks yang dapat memicu kekhawatiran masyarakat.

Dalam menyikapi hal tersebut, Youtuber Tunanetra, Fakhry Muhammad Rosa ingin berbagi tips dalam memilah informasi yang ada di internet. Dia berharap supaya teman difabel tidak 'memakan' informasi secara mentah-mentah.

"Kalau sudah punya telepon seluler pintar, yang menggunakannya juga harus pintar," kata Fakhry Muhammad Rosa saat dihubungi oleh reporter Tempo.co pada Sabtu 19 April 2020.

Youtuber ini mengatakan ada beberapa alat uji yang bisa digunakan untuk memeriksa keabsahan informasi. Penyandang disabilitas netra dapat mempraktekkan cara berikut untuk mengecek tanpa akses visual.

1. Memperhatikan secara seksama isi informasi.
Fakhry menyarankan teman tunanetra untuk memasukkan indikator 5W+H, yaitu What (Apa), Who (Siapa), When (Kapan), Where (Di mana), Why (Mengapa), dan How (Bagaimana), sebagai alat untuk memeriksa sebuah keabsahan informasi.

2. Cek dengan kata kunci di mesin pencarian
Setelah memeriksa isi infoamasi melalui 5W+H, langkah selanjutnya adalah menelusuri kata kunci yang dimaksud di mesin pencarian seperti Google, Bing, dan lainnya. Hasil penelusuran ini biasanya terdapat beberapa fakta resmi dari sebuah informasi yang dikeluarkan oleh lembaga berwenang.

3. Gunakan fitur cek fakta
Beberapa situs berita sudah menghadirkan kanal khusus cek fakta. Khusus untuk tunanetra, Fakhry Muhammad Rosa menyarankan gunakan fitur cek fakta yang dapat terakses pembaca layar. Ari mencontohkan, situs turnbackhoax.id atau fitur cek fakta yang dimiliki beberapa media online dapat diakses oleh pembaca layar.

4. Periksa domain situs dengan seksama
Fakhri Muhammad Rosa mengatakan umumnya domain situs resmi adalah dot com, dot go, dot or dan beberapa domain umum lainnya. Bila sebuah situs web menggunakan domain yang tidak umum, seperti dot club, berarti situs web tersebut adalah laman abal-abal yang mengandalkan domain gratis.

"Situs seperti ini biasanya menawarkan suatu hal yang sangat menjanjikan," kata dia.

Harry Sufehmi selaku Pendiri Masyarakat Anti Fitnah Indonesia atau Mafindo menambahkan salah satu cara menangkal berita koaks adalah merunut pada sumber yang jelas. Melalui konferensi pers yang dilakukan di Graha BNPB, Harry mengatakan konten informasi yang meresahkan adalah salah satu indikator berita palsu atau hoaks.

Sumber: https://difabel.tempo.co/read/1333412/cara-tunanetra-deteksi-hoax-ala-youtuber-fakhry-muhammad-rosa

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
Tag: