BijakFun

Sentra Budi Perkasa, Beri Kesetaraan Kerja pada Disabilitas

Sentra Budi Perkasa, memberikan pelatihan khusus para disabilitas untuk mereka mandiri dan bisa bekerja di perusahaan.

165  views

KamiBijak.com, Hiburan – Menjadi seorang disabilitas bukanlah penghalang bagi mereka, melainkan peluang untuk mengejar tujuan hidup. Banyak di antaranya yang bekerja di beberapa perusahaan.

Sebut saja, Arofiul Kafid, Muhammad Luthfie Kusumaputra, dan Fitri Laila. Ketiganya mendapat pelatihan di Sentra Budi Perkasa, yang merupakan unit pelayanan teknis Kementerian Sosial (Kemensos). 

Rofi, telah bekerja di salah satu toko Alfamart Kecamatan Sukarami, Palembang. Ia mengungkapkan rasa syukur dan lingkungan kerja yang mendukung.

Pada awalnya, ia besar di Batam. Namun, pada Oktober 2020 lalu, Rofi ditawarkan untuk mengikuti pelatihan khusus disabilitas di Sentra Budi Perkasa Palembang.Di sana juga terdapat para disabilitas lainnya, seperti Muhammad Luthfi Kusuma Putra. 

Dilanjutkan dengan periode yang berbeda, Fitri Laila pun mendapat kesempatan untuk mengikuti pembinaan. Fitri juga mendapat kesempatan untuk bekerja di Alfamart Plaju, dekat rumahnya. 

Kegiatan yang mereka lakukan di Sentra Budi Perkasa adalah mengikuti apel pagi tepat setelah sarapan. Mereka juga mendapatkan motivasi dari para pendamping. Selain itu, para disabilitas juga mendapat pelatihan komputer.

“Di sentra saya mendapatkan suntikan semangat. Ada teman yang juga ikut pelatihan. Saya dan teman-teman dibimbing dengan sabar dan penuh perhatian,” ucap Rofi dilansir dari jpnn.com

Di sisi lain, Fitri mengungkapkan dirinya bisa lebih mandiri dan meringankan beban orang tua. Kemudian, Luthfi juga berkata ingin mendapatkan banyak bimbingan selama menjalani pelatihan dengan bekerja di BPJS Kesehatan Kota Palembang.

“Melalui UPT seperti Sentra Budi Perkasa, anak-anak seperti Rofi, Luthfie, dan Fitri diberikan kesempatan untuk berkembang,” ujar Kepala Sentra Budi Perkasa Palembang, Wahyu Dewanto. (MG/Galuh)

Sumber: jpnn.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel
 
Follow kami juga di sini: 
 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.