BijakFun

Sensory Tourism Australia Hadir untuk Membantu Teman Disabilitas

Sensory Tourism Australia adalah layanan wisata untuk teman Disabilitas yang sedang melakukan perjalanan wisata di daerah Australia Selatan.

473   views

Kamibijak.com, Hiburan – Bagi teman-teman Netra dan Tuli yang ingin berkunjung ke Australia, kini tak perlu lagi khawatir dengan akses di sana. Sekarang di Australia sudah tersedia akses layanan wisata bagi teman Disabilitas bernama Sensory Tourism Australia.

Sensory Tourism Australia menyediakan beberapa fasilitas yang dibutuhkan oleh teman Disabilitas, seperti pendamping wisata dan penerjemah bahasa isyarat yang bekerja sama dengan Lembaga Ausland Interpreter. 

"Kami tidak hanya menghadirkan pengalaman interaksi kelompok pada setiap perjalanan, melainkan dukungan bagi setiap peserta tur," ujar Buck McFarlane, pendiri Sensory Tourism Australia seperti yang dikutip dari situs berita ABC, Jumat 7 November 2020.

Sensory Tourism Australia ini didirikan oleh McFarlane sejak dua tahun lalu. Biro perjalanan ini hanya melayani perjalanan di sekitar Australia Selatan. 
Melihat vegetasi di Blue Mountains dan Shoalheaven merupakan salah satu program wisata yang tersedia. Wilayah ini menjadi tujuan wisata karena tidak banyak teman Disabilitas sensorik yang mengerti apa yang telah terjadi di Taman Nasional tersebut setelah terbakar. Padahal, di sana akan tumbuh vegetasi unik yang memiliki warna, bentuk dan jenis yang langka. 

"Bila saya harus berangkat wisata sendiri ke daerah tersebut, saya tidak akan tahu apa yang terjadi. Saya hanya melihat hutan terbakar tanpa tahu ada vegetasi unik di dalamnya." Ungkap Danni Wright, salah satu peserta wisata Teman Tuli. 

Suti Desa, salah satu teman Tuli dari India ini merasa mendapatkan banyak informasi ketika ia bergabung dengan Sensory Tourism Australia, ia dapat mengenali berbagai macam vegetasi dan spesies yang ada di hutan yang telah terbakar. 

"Mengetahui beragam vegetasi dan spesies yang unik itu dapat mengobati rasa bosan setelah beberapa bulan berada di rumah selama pandemi Covid-19," kata Suti.
Georgia Vinals Vega, seorang juru bahasa isyarat merasakan pengalaman berbeda ketika ia mendampingi teman Disabilitas saat wisata.

"Pekerjaan ini bukan sekadar bagaimana saya berkomunikasi atau menyampaikan informasi kepada difabel. Ini lebih tentang cara berinteraksi dan memberikan pengalaman baru bagi mereka."(KEI/MG)

Sumber: https://difabel.tempo.co/read/1403318/wisata-terakses-untuk-difabel-netra-dan-tuli-dari-sensory-tourism-australia/full&view=ok

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): sensory tourism australia,tourism australia,wisata australia,disabilitas,penyandang disabilitas,berita disabilitas,mcfarlane,teman tuli,disabilitas tuli,kamibijak,kami bijak