KabarBijak

Seleksi Anggota Komisi Nasional Disabilitas Masih Dibuka Sampai 3 Februari

Sesuai dengan UU No. 6 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dan Peraturan Presiden no. 68 Tahun 2020, akan dibentuk Komisi Nasional Disabilitas.

1,616  views

Kamibijak.com, Infosiana – Pemerintah mengumumkan bahwa seleksi calon anggota Komisi Nasional Disabilitas (KND) dibuka dari tanggal 21 Desember 2020 sampai 3 Februari 2021 pukul 16.00. Sejak pendaftaran tersebut dibuka, masyarakat dapat melihat apa saja persyaratan untuk bergabung dengan Komisi tersebut. 

Berdasarkan informasi dari Harry Hikmat, Ketua Panitia Seleksi KND, seleksi tersebut bersifat terbuka dan tidak dipungut biaya apapun.

“Kami mengundang putera puteri terbaik Indonesia dari kalangan disabilitas maupun non disabilitas dengan latar belakang akademisi, praktisi, profesional, maupun masyarakat untuk ikut dalam seleksi ini,” jelas Harry di Jakarta, dikutip dari tempo.co.

Pembentukan KND adalah amanat dari UU No. 6 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dan diturunkan melalui Peraturan Presiden No. 68 Tahun 2020 tentang Komisi Nasional Disabilitas. Anggota KND bertugas memantau, mengevaluasi, dan mengadvokasi pelaksanaan penghormatan perlindungan dan pemenuhan hak Penyandang Disabilitas. Berdasarkan Peraturan Presiden terakit, anggota KND akan berjumlah tujuh orang dan empat diantaranya berasal dari kelompok disabilitas.

Kriteria bagi masyarkat yang berminat melamar menjadi anggota KND dapat dilihat di laman web https://seleksiknd.kemensos.go.id/ berikut juga dengan persyaratan administrasi lainnya. Untuk 

Seleksi ini melibatkan Staf Khusus dan Juru Bicara Presiden bidang Sosial Angkie Yudhistia, akademikus Harkristuti Harkrisnowo, Sinta Nuriyah Wahid, serta Siswadi sebagai tokoh dan penyandang disabilitas. Nama-nama itulah yang nanti akan menyeleksi 14 nama terbaik untuk kemudian diusulkan kepada Presiden untuk kemudian diambil tujuh orang yang akan ditetapkan sebagai anggota Komisi Nasional Disabilitas periode 2021-2026. 

Sumber: https://difabel.tempo.co/read/1417230/seleksi-calon-anggota-komisi-nasional-disabilitas-terbuka-sampai-3-februari-2021/full&view=ok 

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): komisi nasional disabilitas,komnas disabilitas,komisi disabilitas,disabilitas,knd,komisi nasional disabilitas indonesia,presiden jokowi,penyandang disabilitas,difabel,penyandang difabel,kamibijak,kami bijak