Lewati Iklan malesbanget.com

Satgas Antikekerasan Jurnalis akan Diterjunkan ke Sorong

Dewan Pers membentuk Satuan Tugas (Satgas) antikekerasan terhadap jurnalis yang akan diterjunkan ke Sorong, Papua Barat. Satgas akan melakukan verifikasi atas informasi kekerasan terhadap jurnalis di daerah tersebut.

126   views

KamiBijak.com, Infosiana. Dewan Pers membentuk Satuan Tugas (Satgas) antikekerasan terhadap jurnalis yang akan diterjunkan ke Sorong, Papua Barat. Satgas akan melakukan verifikasi atas informasi kekerasan terhadap jurnalis di daerah tersebut.

Ketika ditemui pada Kamis (5/9) di Jakarta, Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pers, Agung Dharmajaya mengatakan bahwa satgas akan mengidentifikasi apakah ada korban wartawan di sana dan bagaimana proses evakuasinya. Satgas nantinya akan mengumpulkan informasi dari berbagai pihak untuk memastikan apakah benar terjadi konflik atau tidak.

Selain dari Dewan Pers, sejumlah lembaga wartawan juga akan menerjunkan anggotanya untuk melakukan hal yang sama. Mereka diantaranya datang dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Sebelum kerusuhan di Sorong terjadi, pihak Agung sudah berencana membentuk satgas antikekerasan terhadap jurnalis. Namun, rupanya kerusuhan sudah terjadi lebih dulu. Meskipun begitu, Agung tetap merasa sekarang merupakan waktu yang tepat untuk menerjunkan satgas.

Agung juga menyatakan bahwa jika kekerasan terhadap jurnalis di Sorong benar terjadi, data tersebut akan dimasukan ke laporan tahunan mengenai kekerasan terhadap jurnalis di Indonesia. Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2019...