BijakFun

Sangar! Begini Tampang Motor Modif Milik Penyandang Disabilitas Asal Jakarta

Proyek yang dicetus Andi ‘Atenx’ Akbar bersama kru dari Katros Garage menghasilkan Yamaha Vixion difabel menjadi sangar ala Yamaha XSR155.

1866   views

Kamibijak.com, Hiburan – Mungkin ada sebagian orang menganggap penyandang disabilitas tidak bisa bergaya dengan mengendarai motor custom culture. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk bikers disabilitas bernama Heru Zainudin. Motor Yamaha Vixion modifikasi miliknya kini tampil sangar.

Haru Zainudin merupakan biker penyandang disabilitas asal Jakarta. Meskipun harus duduk di kursi roda, Heru tetap bisa melakukan riding bersama teman-teman sesama bikers dengan menggunakan Yamaha Vixion Lightning 2013 yang dibuat trike alias menggunakan tiga roda.

Namun, salah satu produsen oli memberikan kejutan berupa kado spesial yang mengubah motor Yamaha Vixion trike miliknya menjadi sangar ala Yamaha XSR155. Motor yang awalnya sudah dibuat menjadi trike ini membuat proyek yang digarap oleh Andi ‘Atenx’ Akbar bersama kru dari Katros Garage menjadi lebih mudah. Mereka hanya fokus di area kaki-kaki dan bodi untuk menguatkan tampilan sangar ala Yamaha XSR155.

Proyek ini diawali dengan pembuatan tangki ala XSR155 menggunakan pelat galvanis setebal 1,2 mm, tangki berwarna kuning dibuatkan side panel dari material galvanis untuk memberikan kesan retro yang kuat.

Setelahnya, kru dari Katron Garage membuat spakbor depan dan belakang serta braket di area swing arm. Di samping itu, Atenx membuat skid plate khusus di bawah mesin supaya mesin satu silindernya terlihat padat.

Namun, di bagian rangka Deltabox Yamaha Vixion tidak banyak diubah. Dibiarkan supaya ergonomi saat berkendara tetap nyaman. Kesan padat diperkuat dengan pemasangan suspensi upside down dari Yamaha R15, sementara mono sok belakang diganti menggunakan Scarlet dengan ketinggian sama dengan bawaan.

Tak ketinggalan pelek jari-jari Sprint XP dipasang. Pelek ini dibalut ban dual purpose Metzeler. “Sebelumnya harus dibuat dulu teromol custom dari bahan besi, supaya pelek bisa dipasang,” ujar Atenx.

Sistem pengereman diubah dengan memasang rem cakram di ketiga rodanya, ditambah sistem pengereman ketiga rodanya diatur dengan handle rem depan seperti rem Combi Brake atau CBS, ubahan di bagian rem dilakukan mengingat Heru memiliki keterbatasan di bagian kakinya.

Uniknya, mereka melakukan ubahan di sistem penggantian gigi, di mana tuas berada di tangan seperti pada Harley-Davidson lawas. Cara kerja tuas ini seperti pada Vespa lawas, karena tuas kopling dan tuas persneling dioperasikan menggunakan tangan kiri.

Sentuhan terakhir yang unik, Atenx menggarap kursi roda milik Heru supaya tampilan semakin serasi dengan motornya. Hasilnya, Heru bisa memiliki motor custom khusus disabilitas yang sangar dan keren.

Sumber: https://www.motorplus-online.com/read/251981551/sangar-ala-yamaha-xsr155-kerennya-yamaha-v-ixion-custom-milik-biker-disabilitas?page=all
----
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.


Link Gambar,
Gambar 1:
https://imgx.motorplus-online.com/crop/0x0:0x0/700x465/filters:watermark(file/2017/gridoto/img/watermark_motorplus.png,5,5,60)/photo/2020/01/09/2981329964.jpg
Sumber: motorplus-online.com
Gambar 2:
https://imgx.motorplus-online.com/crop/0x0:0x0/700x0/filters:watermark(file/2017/gridoto/img/watermark_motorplus.png,5,5,60)/photo/2020/01/09/1902411219.jpg
Sumber: motorplus-online.com
Gambar 3:
https://imgx.motorplus-online.com/crop/0x0:0x0/700x0/filters:watermark(file/2017/gridoto/img/watermark_motorplus.png,5,5,60)/photo/2020/01/09/1449059951.jpg
Sumber: motorplus-online.com


========================

Tag: penyandang disabilitas,motor penyandang disabilitas,penyandang difabel,motor penyandang difabel,disabilitas,difabel,motor custom difabel,motor sangar difabel,motor tiga roda,jakarta,heru zainudin,yamaha vixion,yamaha vixion 2013,yamaha xsr155,kamibijak,hiburan