KabarBijak

Rumah Sakit Ramah Disabilitas Belum Banyak Terdapat di Indonesia

Nani Hidayanti menyebut rumah sakit ramah disabilitas di Indonesia masih belum banyak

56  views

KamiBijak.com, Infosiana Nani Hidayanti selaku Tim Kerja Standarisasi Klinis Pelayanan Kesehatan Rujukan, Dit Yankes Rujukan Kementerian Kesehatan menyebut jika di Indonesia belum banyak rumah sakit yang ramah disabilitas.

Rumah sakit merupakan salah satu tempat untuk pelayanan masyarakat umum, yang diharapkan bisa memberikan pelayanan yang baik bagi disabilitas.

“Permasalahan yang umum, sebagaimana juga area layanan publik lain, salah satunya belum banyak rumah sakit yang ‘ramah’ terhadap penyandang disabilitas,” kata Nani mengutip keterangan pers Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Selasa (26/7/2022).

Padahal, keterjangkauan merupakan suatu hal yang mutlak dipenuhi ketika kita berbicara tentang bagaimana seorang disabilitas memerlukan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Oleh karena beragamnya jenis disabilitas, lanjut Nani, pendekatan keterjangkauan bagi setiap disabilitas akan berbeda pula.

Nani mencontohkan, orang Tuli memerlukan sistem penunjang keterjangkauan yang lebih kompleks, karena keterbatasan mereka di dalam hal mendengar dan berkomunikasi secara verbal (bahasa lisan).

Ini akan menjadi penghalang besar dalam memberikan pelayanan seperti pendaftaran sebagai pasien, komunikasi dengan petugas kesehatan, hingga dalam menunggu antrian pelayanan.

Menurut Nani, kaum disabilitas mempunyai hak untuk memperoleh standar kesehatan tertinggi yang bisa dicapai tanpa diskriminasi karena disabilitas.(MG/Dicky)

Sumber: Liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   
 
 

Terima kasih sudah menonton. Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.