BijakFun

Rumah Batik Wistara, Tempat Menampung Para Disabilitas

Rumah Batik Wistara berbeda dengan rumah batik lainnya, mereka mempekerjakan disabilitas agar bisa mengembangkan karyanya.

147   views

KamiBijak.com, Hiburan – Setiap manusia yang ada di dunia ini pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, tinggal bagaimana kita sebagai manusia terus mengembangkan kelebihan yang kita miliki. Hal tersebutlah yang menggagas Aryono Setiawan memberikan kesempatan kepada disabilitas untuk bekerja. 

Rumah Batik Wistara sekilas terlihat sama dengan rumah batik lainnya, tetapi yang membedakan adalah, rumah batik ini memberdayakan dan memberikan wadah untuk disabilitas untuk bisa berkarya. Rumah industri batik yang berada di Surabaya ini sudah memiliki 10 orang pekerja yang di mana semuanya disabilitas. Mulai dari disabilitas daksa, rungu hingga wicara. 

Begitu juga yang didapatkan oleh Teguh Iman Hidayat (30), seorang difabel, Amilus Sholikha (28) yang merupakan disabilitas rungu, dan Frita Alvin (24) seorang disabilitas wicara. Mereka tetap fokus pada pekerjaannya. 

Sejak awal, Rumah Batik Wistara ini didirikan berniat untuk membantu kelompok marjinal, khususnya disabilitas Aryo mengatakan keinginannya mendirikan rumah industri batik ini agar para penyandang disabilitas tidak dipandang lagi dengan sebelah mata.  "Kita bukan mencari untung saja. Untung buat kita tidak menjadi hal yang utama. Karena intinya, semua yang dilakukan di sini agar adik-adik bisa terus bekerja," tuturnya.

Sebelum memulai bekerja di Rumah Batik Wistara, ia meminta agar dilakukan pelatihan magang di Unit Pelaksana Teknis (UPT) lalu, setelah selesai magang, mereka ditawari untuk bekerja di Wistara. 

Rumah Batik Wistara bukan hanya tempat bekerja saja, tetapi tempat untuk berkarya dan mengembangkan bakat agar semakin baik lagi, jika para pekerja di sana sudah mahir dalam bagian menjahit mereka akan belajar keterampilan baru seperti membuat desain motif batik. Salah satu karya nya adalah motif Corona pada tahun 2020 lalu, kini kain batik dengan motif Corona banyak mendapatkan respon positif dari masyarakat. 

Teguh yang merupakan salah satu pekerja di rumah batik tersebut mengaku bahwa ia betah dan berkesan bahkan sudah menganggap rumah batik tersebut adalah rumah sendiri. Walaupun sempat mengalami kesulitan tetapi seiring waktu ia bisa beradaptasi. (GLOR/MG)

Sumber : https://jatim.idntimes.com/news/jatim/ardiansyah-fajar/rumah-batik-wistara-ruang-berkarya-untuk-semua/5 
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel
Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.
=============================
Tag: rumah batik wistara,batik disabilitas,batik difabel,Aryono Setiawan,disabilitas,disabilitas inspiratif,rumah batik wistara surabaya,surabaya,disabilitas surabaya,pemberdayaan disabilitas,kambijak,kamibijak.com,media ramah disabilitas