BijakFun

Resmi Dibuka, Indocraft 2020 Tampilkan Lebih Banyak Produk Batik dan Kerajinan Indonesia

Indocraft 2020 kembali menghadirkan ragam terbaru produk-produk batik dan craft, yang merupakan kategori produk andalan ekonomi kreatif Indonesia

731   views

Kamibijak.com, Hiburan – Di tengah mewabahnya virus Corona yang menjadi isu global, pameran fashion bergengsi Indocraft tetap digelar sesuai jadwal yang jatuh pada 11-15 Maret 2020 di Cendrawasih Hall Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Selatan. Pameran Indocraft kali ini mengangkat tema ‘The Craftmanship of Indonesia’.

Pameran yang telah memasuki tahun penyelenggaraan yang ke-17 ini menampilkan lebih banyak koleksi busana, batik, aksesoris, dan hasil kerajinan motif, model, dan desain terbaru dengan harga khusus yang berlaku selama pameran berlangsung.

"Tahun sekarang kita lebih banyak menampilkan produk-produk kain ya terutama batik tenun dan lain-lain di samping juga ada beberapa produk kerajinan dan produk handycraft," ucap Rizal Adi Putra, Ketua Penyelenggara Indocraft 2020.

Pameran Indocraft 2020 diselenggarakan oleh PT Debindomulti Adhiswati serta didukung Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, dan berbagai instansi pemerintah baik pusat maupun daerah. Pameran digelar dengan semangat menumbuhkembangkan potensi ekonomi kreatif menuju Indonesia yang semakin maju dan menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul.

Acara kali ini diikuti 106 peserta yang berasal dari berbagai pelaku bisnis fashion dan craft. "Jadi peserta terbagi atas 3 kategori. Kategori pertama adalah peserta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan dari BUMN, ada juga peserta binaan pemerintah daerah, Usaha Kecil dan Menengah Binaan daerah, ada juga Usaha Kecil dan Menengah swasta mandiri," ucapnya.

Panitia menargetkan pameran ini dihadiri oleh lebih banyak pengunjung dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk diketahui, pada 2019, jumlah pengunjung Indocraft mencapai 13.000 orang.

"Kita harapkan tahun ini bisa meningkat minimal 10% dari tahun lalu. Syukur bisa mencapai 15.000 selama 5 hari pameran," ucapnya.

Pameran Indocraft 2020 resmi dibuka oleh Teten Masduki selaku Menteri UMKM pada Rabu 11 Maret 2020. Acara pembukaan disaksikan juga oleh Sita Hani selaku Ketua Umum Komunitas Desainer Etnik Indonesia, Nita Yudi sebagai Ketua Umum Komunitas Cinta Berkain, dan Nita Yudi selaku Ketua Umum IWAPI. Mereka semua hadir ditemani masing-masing rekan pengurus organisasi.

Melalui pameran Indocraft sebagai pameran Business-to-Customer (B2C) di sektor ekonomi kreatif, diharapkan menjadi tempat promosi efektif bagi pelaku Usaha Kecil-Menengah (UKM) mandiri dan binaan guna menampilkan dan memasarkan ragam produk andalan terbaru mereka secara langsung kepada pengunjung pameran ini.

Bersamaan dengan para desainer profesional dalam satu sinergi promosi produk ekonomi kreatif dengan ciri khas dan daya tarik masing-masing melalui peragaan busana yang mengangkat tema-tema pesona Nusantara, seperti Pesona Alam Sambas Kalimantan Barat oleh Savitri, Pesona Sulawesi Selatan oleh Wanti Eldrin, serta banyak lagi karya elegan dari perancang busana lain yang menampilkan tren milenial terkini, dipandu oleh MC dan Entertainment dari Lendra Halim dan Vino Saga.

"Event Indocraft ini menurut saya menjadi penting untuk ajang promosi untuk produk-produk UMKM di sektor kriya,"ucap Menteri UMKM, Teten Masduki.

“Dan kita tahu bahwa kita punya produk yang sangat unggul di kriya ini, banyak pengrajin luar biasa dan di tengah situasi wabah virus corona, masih tetap terselenggara ini sangat luar biasa dan memang pemerintah berharap kegiatan-kegiatan seperti ini bisa terus diadakan,"tambahnya.

Selain menampilkan berbagai macam produk fashion dan craft dari berbagai stand, acara ini juga dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan seperti presentasi oleh MNC, talkshow oleh Indonesia Ethnic Designer Community, Workshop, dan Demo Make Up oleh Wardah serta Ethnic Millenial Model Award 2020.

Sumber: Press Conference, Hasil liputan Tim Kamibijak.com (Selasa, 10 Maret 2020)

----
#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): indocraft 2020,indocraft,pameran indocraft 2020,pameran indocraft,pt debindomulti adhiswati,pameran batik,pameran kerajinan,kerajinan khas indonesia,pameran indocraft 2019,bahasa isyarat,belajar bahasa isyarat,bahasa isyarat indonesia,bisindo,berita bahasa isyarat,media,media bahasa isyarat,tuli,teman tuli,disabilitas,penyandang disabilitas,disabilitas indonesia,difabel,difabel indonesia