BijakFun

Resmi Diakui UNESCO, Bahasa Indonesia Masuk Pendidikan di Australia

Bahasa Indonesia masuk ke dalam sektor pendidikan dalam pembelajaran di Australia.

1,109  views

KamiBijak.com, Hiburan - Scotts Head Publich School menggunakan Bahasa Indonesia dan Inggris untuk bahasa sehari-hari dalam pembelajaran di sekolah. Para siswa diajarkan kebudayaan Indonesia seperti lagu-lagu dan tarian. Kantin juga menyediakan masakan Indonesia. Guru pun memakai baju batik dan kebaya saat mengajar di sekolah.

Dubes RI untuk Australia, Siswo Pramono bersama Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra datang ke sekolah, pada acara IGTS disambut dengan ramah oleh para guru dan siswa sekolah Scotts Head. Mereka mengucapkan selamat datang dan selamat pagi dengan bahasa Indonesia yang lancar. Para siswa menampilkan tarian saman dari Aceh, lalu Dubes dan Atdikbud dihibur dengan lagu-lagu Indonesia yang dinyanyikan dengan diiringi musik angklung.

Dubes Siswo merasa terharu atas sambutan hangat bernuansa Indonesia. Dia merasa kedekatan dengan Indonesia padahal lokasi jauh di Australia. “Saya menempuh jarak hampir 850 km dari Canberra, menyusuri hutan dan gunung, akhirnya sampai di sekolah ini. Saya sangat terharu dan bangga, karena di sekolah ini Indonesia terasa sangat dekat," kata Dubes Siswo.

Menurut data dari KBRI Canberra, sejumlah 520 sekolah di Australia terdapat mata pelajaran Bahasa Indonesia, namun sekolah Scotts-lah yang menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. KBRI Canberra mendukung penuh sekolah-sekolah di Australia untuk mengajarkan Bahasa Indonesia, terlebih bahasa Indonesia saat ini sudah menjadi salah satu bahasa resmi dalam persidangan di UNESCO. 

Wah bangga sekali, Bahasa Indonesia masuk pendidikan di Australia. Semoga persatuan menjadi kuat antara Indonesia dan Australia. (Restu)

Sumber: okezone.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.