KabarBijak

Puan Maharani Ingatkan Pemerintah untuk Menjamin Hak dan Fasilitas bagi Atlet Disabilitas

Puan Maharani memperintahkan Pemerintah untuk menjamin fasilitas atlet disabiilitas.

3,912  views

Kamibijak.com, Infosiana – Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengingatkan Pemerintah untuk menjamin hak para atlet disabilitas, hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Dalam Undang-Undang tersebut mencangkup pembinaan, pengembangan, dan kesejahteraan olahragawan kaum disabilitas. 

“Artinya, negara harus dapat menjamin anggaran, program, serta fasilitas yang lebih baik. Para atlet disabilitas harus mendapat hak yang sama dengan atlet lainnya ketika mereka telah bekerja keras untuk bisa berprestasi, termasuk dalam pemberian bonus,” ujar Ketua DPR RI tersebut, Puan, yang memberikan apresiasi terhadap Indonesia setelah kemangan di ASEAN Para Games 2022. 

Selain itu, penyeleksian terhadap atlet disabilitas harus terus dilakukan melaui kejuaraan tingkat daerah. Menurutnya hal ini dilakukan agar bisa mendapatkan siapa saja yang bisa bermain di tingkat nasional. 

Puan juga optimis, walaupun mereka tidak memiliki kesempurnaan fisik, tetapi ada banyak putra-putri bangsa Indonesia yang memiliki potensi dan semangat agar bisa berprestasi di bidang olahraga. Maka dari itu, negara juga harus bisa memfasilitasi mereka. 

Tak hanya itu, kesejahteraan para atlet disabilitas juga harus tetap diperhatikan walaupun sudah pensiun akibat faktor usia. Puan juga menambahkan sudah selayaknya mantan atlet disabilitas mendapat jaminan hidup sejahtera hingga saat tua nanti.

Terkait ASEAN Para Games 2022, Puan memberikan apresiasi kepada seluruh atlet yang menjadi bukti bahwa kaum disabilitas tentunya bisa turut berprestasi. Ia juga berterima kasih kepada Pemerintah dan seluruh panitia yang turut mendukung acara olahraga tersebut bagi atlet disabilitas se-Asia Tenggara tersebut. (MG/Alissa)

Sumber : tempo.co

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.