KabarBijak

Program Kartu Prakerja Bantu Kesejahteraan Disabilitas

Sebanyak 330 ribu disabilitas mendapatkan manfaat dan pekerjaan setelah mengikuti program Kartu Prakerja.

1,735  views

Kamibijak.com, Infosiana – Program Kartu Prakerja memberikan sejumlah manfaat pada disabilitas. Jumlah tersebut merupakan 3 persen dari total penerima Kartu Prakerja. 

Dikutip dari liputan6.com, di antara 330 ribu disabilitas yang mengikuti program, 58 persen di antaranya belum pernah melakukan pelatihan, 42 persen perempuan, 10 persen berusia 50 tahun ke atas, 43 persen tinggal di desa, dan 48 persen tinggal di 212 kabupaten miskin ekstrem.

Melalui data Badan Pusat Statistik (BPS) 2022, hanya sekitar 7,6 juta disabilitas yang bekerja dari total 17 juta penduduk disabilitas usia produktif.

Hal ini menunjukkan tingkat pendidikan disabilitas di Indonesia belum mencapai pendidikan tinggi. Melihat data BPS 2020, disabilitas yang tidak pernah sekolah mencapai 20,51 persen.

Disabilitas yang tidak tamat sekolah dasar (SD) 29,35 persen, persen dan yang lulus perguruan tinggi (PT) hanya sebesar 3,38 persen saja.

Program Kartu Prakerja memberikan hasil sebanyak 19 persen penerima disabilitas yang sebelumnya menganggur menjadi wirausaha. Dengan adanya Kartu Prakerja, disabilitas yang bekerja sudah mencapai 34 persen.

Sementara, 15 persen penerima lainnya yang menganggur kini menjadi pengawai, buruh, atau karyawan lepas. (MG/Galuh)

Sumber: liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel    

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.