BijakFun

Perjuangan Disabilitas India Menjadi Binaragawan

Binaraga bisa dilakukan oleh siapapun, tak terkecuali Disabilitas sekalipun

3702   views

KamiBijak.com, Hiburan – Siapa bilang binaraga hanya untuk lelaki atau perempuan berbadan kekar yang rutin latihan angkat beban untuk membentuk otot. Walaupun memang pada umumnya seperti itu dan kebanyakan di benak orang begitu, namun bagi Soumen Halder, itu lain cerita.

Lelaki 33 tahun dari Kolkata, Benggala Barat telah menderita polio paralitik sejak masih balita. Fungsi motorik pada bagian bawah pinggangnya tidak bekerja secara normal.

Bagi India sendiri, penyakit infeksi menular tersebut sangat sulit dibasmi. Alasannya tentu saja karena akses kesehatan yang minim memadai di negara ini. Akibatnya hingga 2019, hampir setengah dari kasus polio di dunia berasal dari India.

“Umurku baru satu tahun waktu itu. Saya masih ingat saat ibu bilang bahwa anggota tubuh saya berisiko lumpuh,” kenang Soumen.

Saat dirinya berusia 17, ia diundang oleh temannya ke tempat gym dan memperlihatkan foto binaragawan Disabilitas yang tak sengaja dia temukan. Saat itulah Soumen mengaku menemukan tujuan hidup. Dirinya mulai rutin berolahraga di sana, akan tetapi teman-temannya menyuruhnya untuk berhenti, karena malu berolahraga bersamanya.

Meski orang-orang sekitar heran mengapa dia terus berlatih, ibunya tetap terus menyemangatinya dan menyuruhnya untuk tidak memperdulikan apa kata orang. Sayangnya sang ibu meninggal dunia beberapa bulan sebelum dia memenangkan kejuaraan pada 2016.

Soumen meraih posisi kedua dalam kejuaraan Mr India yang diselenggarakan Federasi Kebugaran Dunia pada 2018, dan juara pertama dalam Kejuaraan Asia Pasifik setahun kemudian.

Soumen juga melatih lebih dari 20 murid selama berjam-jam di tempat gym tradisional yang disebut akhara. Ia melatih siapa saja yang tertarik dengan binaraga, dan hanya memasang tarif 50 Rupee (Rp10 ribu). Dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Soumen bekerja sebagai kontraktor di bidang pengadaan tenaga kerja untuk pemerintah negara bagian.

Soumen memiliki sebuah harapan yaitu bisa mendirikan tempat gym miliknya pribadi suatu saat nanti. (Joang/MG)

Sumber : https://www.vice.com/id/article/93wpdy/perjuangan-difabel-menjadi-atlet-binaragawan-di-india
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom  
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

===========================================================
Tag: disabilitas,perjuangan disabilitas,india,binaragawan,binaragawan disabilitas,binaragawan difabel,atlet disabilitas,
atlet difabel,kisah inspiratif,kisah disabilitas,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com