BijakFun

Perjalanan Ika Ruskika DM, Guru Tuli Berprestasi

Kisah ika, gadis Tuli di Sumbawa peraih gelar S1 yang ingin menjadi guru bahasa isyarat.

1,175  views

KamiBijak.com, Hiburan – Ika Ruskika DM, wanita inspiratif berusia 26 tahun, adalah lulusan sarjana seni tari dengan pujian dari salah satu kampus swasta di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada September 2023. 

Meski menghadapi berbagai tantangan selama masa sekolah dan kuliah, Ika, disabilitas Tuli, bertekad untuk menjadi guru bahasa isyarat di sekolah luar biasa setelah lulus.

Ika membagikan perjuangannya dalam Hari Disabilitas Internasional di Kabupaten Sumbawa pada 3 Desember 2023. Dalam momen tersebut, Ika memamerkan kepiawaiannya menari, mengingat masa-masa sulitnya dalam akses pendidikan disabilitas.

Saat ini, dengan hati yang teguh, Ika bercita-cita mengabdi sebagai guru bahasa isyarat, walaupun belum pasti diterima di sekolah yang diinginkannya. Ia berharap bisa menginspirasi lebih banyak anak disabilitas.

Ika merasakan kebutuhan akan guru bahasa isyarat di Sumbawa, di mana banyak anak disabilitas kesulitan mengakses pendidikan. Ika berharap pemerintah membuka penerimaan guru pendidikan khusus di sekolah formal atau memberikan pelatihan kepada guru untuk memahami kebutuhan anak dengan disabilitas. Selain itu, Ika mendukung adanya kurikulum bahasa isyarat di sekolah dasar.

Sebagai seorang guru dan penari yang aktif, Ika mendorong anak-anak disabilitas untuk bermimpi dan berprestasi. Ia memiliki impian mendirikan sanggar seni, meneruskan hobi ayahnya. Meskipun mengalami kehilangan ayah pada usia 16 tahun, Ika tetap gigih belajar dan berhasil mendapatkan beasiswa untuk kuliah di jurusan seni tari.

Ika memberikan pesan inspiratif bahwa meskipun menghadapi keterbatasan, kita dapat mengatasi hambatan dengan tekad dan usaha. Saat ini, selain mengajar menari anak-anak di sekitar rumahnya, Ika juga aktif mengikuti festival dan event. Ia percaya bahwa meski memiliki keterbatasan, setiap orang memiliki kelebihan yang unik.(Rafly/MG)

Sumber: regional.kompas.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 

Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.