Perayaan Bulan Kesadaran Tuli 2022, Ini Dia Budaya Bahasa Isyarat Dunia

September merupakan bulan kesadaran Tuli, di mana para Tuli merayakan sejarah, budaya, dan Bahasa Isyarat yang kaya dari komunitas Tuli

96  views

KamiBijak.com, Ruang KamiBijak – September merupakan Bulan Kesadaran Tuli, di mana para Tuli merayakan sejarah, budaya, dan Bahasa Isyarat yang kaya dari komunitas Tuli, dan melanjutkan pekerjaan advokasi untuk hak-hak orang Tuli dunia.

Tahukah Anda? Jika, Bahasa Isyarat adalah sebuah bahasa yang berkembang secara alami di masyarakat, seperti halnya bahasa lisan. 

Bahasa Isyarat tidak dibuat secara sejarah, juga bukan hadiah yang diberikan kepada komunitas Tuli dari Teman dengar, melainkan bahasa yang sepenuhnya disadari dan kompleks dengan tata bahasa, sintaksis, dan kosa kata mereka sendiri.

Di Amerika Utara, Bahasa Isyarat Utama yang digunakan adalah American Sign Language (ASL). Ada Isyarat Internasional yang dibuat secara artifisial oleh orang Tuli untuk berkomunikasi di seluruh dunia, dalam situasi seperti Rapat di Perserikatan Bangsa-Bangsa. 

Menurut Federasi Tuli Dunia ada lebih dari 200 Bahasa Isyarat yang digunakan di seluruh dunia! Karena Bahasa Isyarat dibuat oleh orang Tuli, mereka tidak terkait dengan bahasa lisan yang digunakan di daerah yang sama. 

Misalnya, ASL dan Bahasa Isyarat Inggris (BSL) sangat berbeda, meskipun banyak orang di Amerika dan Inggris menggunakan bahasa lisan yang sama, Bahasa Inggris. Saat belajar Bahasa Isyarat, Anda harus selalu mencari guru Tuli.

Bahasa Isyarat sendiri adalah jantung dari budaya dan komunitas Tuli. Orang-orang Tuli ahli dalam bahasa mereka, jadi merekalah seharusnya yang dikonsultasikan, dan dibayar, untuk pekerjaan mengajar. 

Secara historis, orang-orang Tuli telah distigmatisasi dan ditindas oleh masyarakat dengar karena penggunaan Bahasa Isyarat mereka, teman dengar mengambil pekerjaan Tuli dan mengambil untung dari pengajaran isyarat adalah bentuk apropriasi budaya. (MG/Dicky)

Sumber:  hearinglikeme.com dan csd.org

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   
 
 

Terima kasih sudah menonton. Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.