BijakFun

Perayaan 100 Tahun Hachiko Si Anjing Setia

Hachiko si anjing setia tepat 100 tahun pada November 2023.

2,565  views

KamiBijak.com, Hiburan – Pada momen ulang tahun ke-100 Hachiko, si anjing setia yang setia menunggu tuannya di stasiun, sebuah instalasi seni pop-up menampilkan patungnya telah dipamerkan untuk merayakan momen istimewa tersebut. Berlokasi di dekat Stasiun Shibuya di Jepang, patung ikonik Hachiko menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang berkunjung.

Dilaporkan oleh Japan Today pada Selasa (14/11/2023), instalasi seni ini, yang hanya dipertontonkan selama satu hari, dirancang khusus untuk memperingati seabad kelahiran Hachiko. Tempat peristirahatan Hachiko diatur layaknya sebuah kamar tidur dengan luas lantai sekitar 9 meter persegi. Meskipun cuaca sedang gerimis dan dingin, banyak orang berhenti sejenak untuk mengabadikan momen dengan mengambil foto patung tersebut.

Inisiatif pameran ini berasal dari seniman kontemporer Tatsu Nishino, yang memperoleh ide untuk instalasi ini sepuluh tahun yang lalu dan berhasil menyelesaikan proyek tersebut setelah satu setengah tahun bekerja keras. Nishino, yang berusia 63 tahun, berharap suatu hari nanti dapat menciptakan karya seni lebih besar yang diberi nama "Hachiko Hotel."

Hachiko, diyakini lahir di Odate, Prefektur Akita, pada bulan November 1923, diadopsi oleh profesor universitas Hidesaburo Ueno yang tinggal di Shibuya. Keunikan Hachiko terletak pada kesetiaannya yang menyentuh hati banyak orang, yang terus menunggu tuannya di Stasiun Shibuya setiap hari, bahkan setelah kematian Ueno pada tahun 1925. Hachiko akhirnya meninggal pada tahun 1935.

Kisah kesetiaan Hachiko telah menginspirasi film Hollywood berjudul "Hachi: A Dog's Tale" pada tahun 2009 yang dibintangi oleh Richard Gere, serta sebuah film India pada tahun 2015. Hachiko juga menjadi bagian dari permainan video Jepang, mencerminkan daya tarik universal dari kisah anjing setia ini. (Zevazan/MG)

Sumber: detik.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.
 
Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.