KabarBijak

Penyandang Disabilitas di Kota Solo Ini Menciptakan Tempat Sampah Pintar Berbasis Internet

Berawal dari kepedulian terhadap sulitnya penyandang disabilitas membuang sampah, sekelompok penyandang disabilitas menciptakan tempat sampah pintar.

2203   views

KamiBijak.com, Infosiana – Tidak ada habis-habisnya ide seseorang untuk mengembangkan kemampuan yang ia miliki, salah satunya adalah sekelompok penyandang disabilitas di Kota Solo ini yang menciptakan tempat sampah pintar yang dilengkapi dengan sensor dan terhubung dengan internet. 

Menurut salah satu anggota tim dari Difa Elektra Heru Sasongko yang merupakan salah satu anggota yang turut menciptakan tempat sampah pintar ini menjelaskan, terciptanya ide tersebut karena mereka melihat bahwa sulitnya untuk sebagian penyandang disabilitas untuk membuang sampah di tempat umum. 

"Awalnya kami 'ngumpul' bareng, kemudian tercetuslah membuat tempat sampah yang bisa digunakan oleh masyarakat umum dan teman-teman difabel, termasuk yang pakai tongkat maupun kursi roda," katanya

Meski proses yang dilalui tidaklah mudah tetapi mereka tetap konsisten untuk tetap menyelesaikan produk ini, bahkan pengembangan produk ini memerlukan waktu dua tahun lamanya. 

"Akhirnya pada tahun 2019 kami berhasil masuk ke Krenova Kota Surakarta, jadi juara Harapan I. Selanjutnya kami terus berkembang dan mulai mencoba ke ranah bisnis," katanya.

Produk ini pun berhasil mendapatkan posisi 113 produk inovasi Indonesia dari 5.000 peserta, sementara itu Difa Elektra Solo yang terdiri dari Dyan Ruscahyanto, Suprapto, Estiono, dan Heru Supriyanto tersebut hingga saat ini masih terus mengembangkan produk tersebut.

Tidak hanya dilengkapi dengan pintu otomatis saja tempat sampah pintar itu juga dilengkapi dengan penanda audio yang berbunyi jika pintu terbuka dan tertutup. 

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah melakukan pemesanan dari produk yang diciptakan oleh Difa Elektra Solo. Mereka pun berharap ke depannya agar produknya bisa masuk ke instansi pemerintah. (GLOR/MG)

Sumber : https://jateng.antaranews.com/amp/berita/406077/penyandang-disabilitas-asal-solo-ciptakan-tempat-sampah-pintar 

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:     
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

========================================================
Tag: disabilitas,penyandang disabilitas,disabilitas solo,kota solo,pemkot solo,
difa elektra solo,tempat sampah pintar,universitas sebelas maret,uns,uns surakarta,universitas sebelas maret surakarta,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com