Pentingnya Kesehatan Mental Seseorang, Khususnya Teman Disabilitas

Pada live bincang isyarat kali ini, tim KamiBijak membahas tentang pentingnya kesehatan mental seseorang yang sering kali diabaikan.

112   views

KamiBijak.com, Bincang Isyarat - Pada live Bincang Isyarat waktu Jumat 10 September 2021 di kanal YouTube KamiBijak, membicarakan tentang peringatan hari pencegahan bunuh diri sedunia, dengan menghadirkan salah satu aktivis kesehatan jiwa dan wakil koordinator Into The Light Indonesia serta seseorang yang berkecimpung di dunia Psikologi yaitu Sylvia Adriana. 

Pada live YouTube yang berdurasi 56:37 ini mengangkat tema besar #DisabilitasTangguh, karena tidak hanya memiliki fisik yang kuat, tetapi juga harus memiliki kesehatan mental dan jiwa yang kuat. Sylvia menjelaskan banyak dari beberapa orang yang mengabaikan tentang kesehatan mental karena tidak bisa dilihat secara kasat mata, padahal kesehatan mental juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik dan keduanya juga harus sama-sama dirawat. 

Sylvia juga menjelaskan tentang perbedaan antara Psikolog dan Psikiater yang selama ini banyak yang masyarakat yang belum mengetahui perbedaannya. “Psikiater dan Psikolog itu sebenarnya sama, sama-sama bergerak di bidang kesehatan jiwa, tetapi yang membuat beda adalah latar belakangnya yang berbeda, kalau Psikiater belajar dari kedokteran umum dulu baru berlanjut dan kalau Psikologi itu basicnya belajar Psikolog dan ketika mengambil S2 juga tetap melanjutkan pendidikan Psikologi,”ungkap Sylvia.

Ada 2 hal yang membuat orang salah paham tentang masalah kejiwaan dan dengan gangguan kejiwaan, mengacu pada Undang-Undang tentang kesehatan jiwa tahun 2014, dijelaskan seseorang mengalami stres tidak bisa disebutkan sebagai orang sebagai orang dalam gangguan jiwa, sedangkan orang dalam gangguan jiwa, seseorang yang mengalami gangguan pikiran, perilaku, serta perasaan yang bisa menimbulkan perubahan perilaku. 

Pada live Bincang Isyarat ini juga dijelaskan munculnya perilaku bunuh diri itu disebabkan 3 faktor yaitu, faktor biologis, faktor sosial, dan faktor psikologis. Diperlukan sosok yang bisa untuk bisa mengontrol seseorang untuk berhenti mencoba bunuh diri, seperti selalu memberikan dukungan dan penghiburan kepada seseorang tersebut atau ke orang disekitar kita agar mereka bisa lebih kuat untuk melewati rasa sakit yang mereka rasakan selama ini.(GLOR/MG) 

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=_19gCu2umec&ab_channel=KamiBijak 

#BincangIsyarat
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.
==================================

Tag: kesehatan mental,tips menjaga kesehatan mental,cara menjaga kesehatan mental,
disabilitas,teman disabilitas,kesehatan mental disabilitas,kesehatan mental saat pandemi,kesehatan mental psikologi,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com