BijakFun

Penting! Simak Tips Berpuasa untuk Penderita Diabetes Berikut Ini

Menjalankan ibadah puasa pastinya membutuhkan kondisi tubuh yang prima. Namun untuk penderita diabetes, tips berikut wajib

169   views

Kamibijak.com, Hiburan. Menjalankan ibadah puasa membutuhkan kondisi tubuh yang fit dan prima supaya lancar dan bahkan bisa mendapatkan manfaat kesehatan tubuh. Namun, berbeda dengan penderita diabetes yang harus berhati-hati saat menjalankannya jika tidak mau berdampak buruk atau bahkan menimbulkan komplikasi berbahaya jika tidak ditangani dengan tepat.

Penderita diabetes yang menjalankan ibadah puasa lebih rentan terkena risiko untuk mengalami kenaikan atau kekurangan kadar gula darah. Sehingga jika tidak ditangani dengan tepat bisa, berujung pada komplikasi. Seperti hipoglikemia, hiperglikemia, ketoasidosis diabetik, serta dehidrasi.

Oleh karena itu, berikut ini ada tips penting berpuasa yang harus diketahui penderita diabetes. 

Tips pertama adalah melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini penting dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa karena dokter bisa memeriksa kondisi tubuh dan kadar gula darah sekaligus memberikan saran supaya bisa bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik tanpa menyakiti tubuh.

Tips kedua adalah hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana yang bisa ditemui pada nasi atau roti tawar. Karena makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Sehingga dapat meningkatkan risiko hiperglikemia atau peningkatan kadar gula darah.

Sementara waktu, kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi makanan tinggi berprotein tinggi dan karbohidrat kompleks. Kamu juga sebaiknya menghindari makanan berlemak saat berpuasa.

Tips ketiga yaitu mengurangi aktivitas fisik. Melakukan aktivitas fisik secara berlebihan selama berpuasa dapat menyebabkan hipoglikemia atau kondisi tubuh di mana kadar gula dalam darah berada di bawah normal.

Tips keempat adalah memenuhi asupan cairan. Pengidap diabetes akan lebih mudah mengalami dehidrasi karena kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi. Saat berpuasa, secara otomatis tubuh tidak akan mendapatkan asupan cairan yang cukup. 

Oleh karena itu, saat berpuasa dianjurkan untuk mencukupi cairan ketika berbuka dan sahur. Ini membantu tubuh terhindar dari dehidrasi selama berpuasa. Namun, tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman berkafein dan terlalu manis karena berisiko menimbulkan dehidrasi.

Tips kelima adalah waspadai gejala gula darah rendah seperti berkeringat dingin, gemetar, dan pusing. Jika mengalami gejala tersebut sebaiknya segera hentikan puasa. Jika dibiarkan, gejala tersebut dapat menjadi pertanda bahwa tubuh tengah mengalami hipoglikemia.

Cara mengatasi gejala tersebut, kamu bisa coba mengkonsumsi makanan atau minuman manis untuk meningkatkan kadar gula darah. Seperti permen, teh manis, atau jus buah. Tidak sampai di situ saja, penderita diabetes harus rajin memonitor kadar gula darah serta menyesuaikan dosis obat diabetes yang digunakan saat menjalani ibadah puasa.

Sumber: https://merahputih.com/post/read/pengidap-diabetes-kenali-tips-penting-ini-agar-lancar-berpuasa

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.