BijakFlash

Pembangunan Lingkungan Tanpa Hambatan Terkendala, Timbulkan Masalah Baru Bagi Disabilitas

Pembangunan lingkungan yang kurang memperhatikan kebutuhan dan fasilitas menciptakan hambatan bagi penyandang disabilitas.

1,147  views

KamiBijak.com, Flash - Pembangunan infrastruktur bagi setiap daerah memang sebuah kepentingan. Hal ini dilakukan demi keberlangsungan baik dalam hal ekonomi maupun sumber daya manusianya pada daerah yang akan dibangun, baiknya dalam setiap proyek pembangunan harus tetap memperhatikan fasilitas dan fungsional pembangunan. Organisasi Harapan Nusantara (Ohana) Indonesia, memiliki tujuan untuk menyediakan lingkungan tanpa hambatan bagi penyandang disabilitas. Namun, dalam proses merealisasikan hal tersebut banyak faktor yang mempengaruhi sehingga berdampak kendala dan hambatan yang terjadi.

Hambatan tersebut tentunya akan memengaruhi keberlangsungan untuk kegiatan penyandang disabilitas, berikut dampak hambatan yang dialami penyandang disabilitas : 

  1. Penyandang disabilitas diperlakukan tanpa adanya penyesuaian berdasarkan hambatan dan kebutuhan berdasarkan kondisi yang dialami.
  2. Penyandang disabilitas memiliki resiko kerentanan yang lebih tinggi terhadap tindakan kekerasan seksual.
  3. Penyandang disabilitas serta pengguna jalur pedestrian mengalami resiko kecelakaan dan resiko lainnya yang membahayakan keselamatan.
  4. Jalur Guiding Block atau akses bagi disabilitas lainnya terhalang oleh pot ataupun tanaman lainnya. 
  5. Fasilitas gedung dan kantor sulit diakses oleh penyandang disabilitas. 
  6. Penyandang disabilitas tidak bisa memiliki rumah sendiri, dikarenakan perumahan yang tidak aksesibel bagi ragam disabilitas. 
  7. Penyandang disabilitas tidak mendapat akses informasi publik secara layak. 
  8. Penyandang disabilitas akan merasa kesulitan untuk mengakses aktivitas dengan kegiatan publik.  

Lingkungan yang memiliki akses bagi penyandang disabilitas seharusnya lebih diperhatikan dan menjadi perhatian bersama karena jika tidak ada maka akan berdampak bagi penyandang disabilitas. (Faridz/MG) 

Sumber: liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini: 
 
 
Terima kasih sudah menonton.
 
Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.