BijakFun

Pecat Puluhan Penulis, Microsoft Gantikan Jurnalis dengan Robot

Pekerja Microsoft yang bekerja sebagai jurnalis dipecat dan digantikan oleh artificial intelligence (AI)

1,912  views

Kamibijak.com, Infosiana. Ketangkasan sebuah teknologi nampaknya tidak selalu menjadi kabar yang menyenangkan. Pada kenyataannya, teknologi yang kian hari membuat robot semakin cerdas, bisa mengakibatkan banyak orang kehilangan pekerjaan. 

Seperti yang dialami sejumlah editor dan jurnalis The Verge Microsoft yang mengelola media Microsoft News dan MSN. The Verge Microsoft sudah tidak mempekerjakan puluhan editor dan jurnalis. 

Hal itu di latar belakangi Microsoft yang telah memanfaatkan artificial intelligence (AI) untuk memilih konten dan berita yang akan dimuat pada MSN.com, Microsoft Edge Browser, dan Microsoft News. Karyawan yang sudah tidak diperkejakan berasal dari divisi SANE (search, ads, news dan edge). 

"Sama halnya dengan perusahaan lainnya, kami mengevaluasi bisnis kami secara berkala,”  kata juru bicara Microsoft. 

Perusahaan teknologi multinasional yang sudah ada sejak 1975 ini menjamin keputusan yang mereka ambil tidak dipengaruhi adanya pandemi Covid-19.

Selama 25 tahun, Microsoft telah berada dalam bisnis media. Perusahaan yang dinaungi Bill Gates dan Paul Allen tersebut mencetuskan MSN pada 1995 dan Microsoft News pada tahun 2018. 

The Guardian menjelaskan bahwa ada 27 karyawan Microsoft yang telah kehilangan pekerjaanya. Di masa mendatang, angka tersebut pasti akan terus naik setelah penggunaan AI bertambah luas.

"Aku menghabiskan seluruh waktuku membaca mengenai bagaimana otomatisasi dan AI akan mengambil pekerjaan kami. Lihatlah aku sekarang. AI telah mengambil pekerjaanku," tutur salah satu mantan pekerja Microsoft kepada The Guardian. 

Sudah banyak perusahaan-perusahaan di bidang teknologi yang mengharapkan AI dapat bekerja di bidang jurnalis. Akan tetapi, hingga hari ini masih belum ada usaha untuk memaksimalkan penulisan artikel.

Sumber: https://merahputih.com/post/read/microsoft-mulai-menggantikan-para-jurnalis-dengan-robot

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.