BijakFlash

Pahami Tips Merawat Anak Down Syndrome bagi Orang Tua

Peran keluarga, khususnya orang tua sangat berdampak pada kehidupan anak dengan down syndrome.

337  views

KamiBijak.com, Flash – Sebagai orang tua dengan anak down syndrome, hal yang perlu dipahami adalah merawat dengan kesabaran. Bagaimana pun, anak dengan down syndrome berbeda dengan anak pada umumnya sehingga para orang tua perlu memahami tips merawat anak down syndrome.

Anak dengan kondisi down syndrome adalah anak yang istimewa, tidak jarang mereka memiliki bakat yang luar biasa. Namun, anak down syndrome tetap butuh perlakukan khusus agar dapat mandiri. Berikut tips merawat anak down syndrome bagi orang tua.

  1. Jangan Berhenti Belajar

Tips merawat anak down syndrome yang pertama adalah dengan terus belajar tentang kondisi mereka. Salah satunya dengan meneliti kondiri kromosom sebanyak mungkin. Orang tua dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang kondisi anak mereka agar dapat membantu merawat dan memberikan kualitas hidup yang lebih baik secara keseluruhan.

  1. Bantu Pertumbuhan dan Perkembangan Mereka

Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan mereka. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menjadwalkan pemeriksaan rutin dengan dokter anak. Anak-anak dengan down syndrome biasanya memiliki perkembangan yang lambat sehingga perlu adanya bantuan pertumbuhan dan pekembangan mereka dengan malakukan fisioterapi, pekerjaan yang berhubungan dengan terapi, terapi bicara, dan pendidikan.

  1. Bergabunglah dengan Kelompok

Tips merawat anak down syndrome yang ketiga adalah dengan bergabung dengan kelompok atau grup. Ada banyak kelompok pendukung yang dapat membantu orang tua ketika merawat anak dengan down syndrome. Orang tua dapat bergabung dan berinteraksi dengan orang tua lain yang memiliki anak down syndrome. Dalam interaksi tersebut orang tua dapat bertukar cerita dan memberi masukan satu sama lain untuk mengatasi tantangan sehari-hari.

  1.  Biarkan Anak Mengontrol (Terkadang) 

Terkadang anak dengan down syndrome berjuang dengan perasaan seolah-olah mereka tidak memiliki kendali atas hidup mereka karena berbeda dengan teman-teman mereka. itulah mengapa penting bagi anak-anak dengan down syndrome untuk merasa bahwa mereka memiliki kendali sesekali sekaligus untuk mengembalikan kepercayaan diri. Beberapa kiat-kiat yang dapat membantu anak down syndrome:

  • Biarkan anak dengan down syndrome membuat pilihan sendiri, jika itu masuk akal. Bisa dengan memberikan mereka memiliki pakaian apa yang mereka kenakan, hingga makanan apa yang ingin mereka makan. Hal ini dapat membantu mereka merasa lebih terkendali tanpa membahayakan.
  • Biarkan mereka mengambil risiko sesekali. Mungkin sulit bagi orang tua yang merawat anak dengan down syndrome untuk membiarkan mereka mengambil risiko. Namun terkadang, orang tua perlu membiarkan mereka melakukannya untuk melihat bagaimana respon dan apa yang akan mereka lakukan tetapi tetap dalam pengawasan.
  • Dukung mereka dengan pemecahan masalah. Dukung mereka mencoba memperbaiki masalah mereka sendiri.
  1. Buat Rutinitas Tetap

Anak dengan down syndrome dapat berkembang ketika mereka memiliki rutinitas yang tetap. Dengan memiliki rutinitas yang ditentukan dalam hal tugas-tugas biasa dapat membantu memberikan mereka kualitas hidup yang lebih baik. Beberapa tips membuat rutinitas tetap:

  • Memiliki rutinitas harian yang dapat dipatuhi. Misalnya, di pagi hari, bangun, berpakaian, gosok gigi, sarapan, dan lainnya.
  • Gunakan visual untuk membuat rutinitas harian yang mudah dilihat anak dengan down syndrome. Misalnya to do list.
  • Tetapkan tugas bagi mereka untuk melakukan kegiatan di sekitar rumah dan tanggapi secara positif ketika mereka menyelesaikan sesuatu.
  • Luangkan waktu untuk membaca dan melakukan proyek menyenangkan bersama. Dukung mereka ketika sedang mengerjakan proyek itu sendiri.
  1.  Luang Waktu untuk Diri Sendiri

Orang tua juga perlu memikirkan diri sendiri. Merawat anak dengan down syndrome memang menantang. Yang lebih sulit adalah menemukan waktu untuk memenuhi kebutuhan orang tua sendiri ketika sudah sibuk mengurus anak-anak mereka. 

Meluangkan waktu untuk perawatan diri adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan oleh orang tua sebagai seorang yang merawat anak dengan down syndrome. Orang tua dapat mencari support system pendukung, meluangkan waktu dengan keluarga atau teman, biarkan orang lain membantu ketika sedang merawat anak dengan down syndrome, dan luangkan waktu untuk bersantai. (MG/Nadia)

Source: Merdeka.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.