BijakFun

Ndaru Patma, Korban Gempa Yang Berhasil Menjadi Atlet Para-Tenis

Nilailah kemampuan saya, bukan kekurangan saya.

4,391  views

KamiBijak.com, Hiburan – Ndaru Patma Putri atau yang biasanya dipanggil Ndaru merupakan seorang atlet tenis kursi roda Indonesia. Ndaru saat ini sedang sibuk mempersiapkan Pekan Latihan Nasional atau Pelatnas di pertandingan Asean Paragames di Indonesia pada bulan Juli 2022 mendatang. 

Belum lama ini, Ndaru mendapat juara 1 di sektor tunggal putri pada Pekan Paralimpik Nasional atau Peparnas 2021 di Papua. Di balik kesuksesannya sebagai atlet tenis kursi roda Indonesia, Ndaru bercerita bahwa dirinya menjadi salah satu korban gempa di Yogyakarta 2006 lalu yang menyebabkannya mengalami patah tulang belakang sehingga ia harus duduk di kursi roda sampai saat ini. 

Komunitas tenis kursi roda di tempat Ndaru bergabung saat ini merupakan organisasi khusus penyandang disabilitas, di mana Ndaru didorong untuk selalu aktif dan bertanya ketika ada yang tidak mengerti agar dapat berkembang dan semakin sukses. Ndaru bersyukur hingga detik ini, ia tidak pernah merasakan diskriminasi dari pihak manapun, malah dirinya selalu didukung dan diapresiasi sehingga dirinya semakin semangat dalam menjalankan hidup dan semakin berprestasi. 

“Dengan cara mendengarkan lalu mempraktekkannya, jika tidak jelas atau masih salah harus langsung tanya kepada pelatih,” ucapnya.

Dalam kehidupan, konflik dianggap sebagai suatu peristiwa yang wajar terjadi di dalam kelompok. Namun, cara Ndaru menanggapinya adalah dengan mengerti satu sama lain dan mau mengakui kesalahan yang telah diperbuat. Menjadi seorang penyandang disabilitas tidaklah mudah, tapi hal tersebut tidak membuat Ndaru patah semangat dan tidak bersyukur. Justru, Ndaru selalu bersyukur akan hidupnya saat ini. 

“Selalu bersyukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, jangan banyak melihat ke atas, melihat ke bawah, hidup tidak akan berhenti walaupun kita menjadi disabilitas,” ujarnya.

Ndaru ingin teman-teman disabilitas lainnya yang ingin mengikuti tenis atau olahraga lainnya untuk mencoba saja, jangan takut dan minder. 
“Mencoba dulu aja, kalau udah tau enaknya entar bakalan mengalir, jangan takut dimarahi pelatih, pelatih marah bukan karena gak suka, tapi karena pengen kita menjadi pintar,” ucapnya. (Michelle/MG)

Sumber: Dok. KamiBijak (28/03/2022) 
ndarupatma | Instagram 
 

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom   
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram   
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok   

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.