BijakFun

Nadya Andini, Tuli Lulusan ITS dengan Predikat Cum Laude

Nadya Andini, seorang Tuli yang lulusan ITS dengan gelar Cum Laude.

466  views

KamiBijak.com, Hiburan - Perempuan Tuli ini bernama Nadya Andini yang biasanya dipanggil Nadya, usianya 23 tahun dan baru lulus kuliah dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dengan jurusan Studi Pembangunan. Dia berhasil meraih IPK 3,88 dan lulus paling cepat dalam 3,5 tahun  dengan gelar kehormatan atau cum laude. 

Dia bercerita tentang pengalaman selama kuliah, ada kendala terutama sulit berkomunikasi dengan teman-teman kuliah.

"Teman-teman terkadang susah menangkap kalimat saya karena pelafalan yang kurang jelas, saya pun lumayan sulit untuk mendengar hal yang mereka sampaikan," ungkap Nadya.

Dia mengenakan alat bantu dengar (ABD) tapi tidak dapat mendengar dengan jelas. Nadya tetap duduk paling depan sambil merekam penjelasan dosen, lalu di rumah dia meminta tolong pada mama untuk mendengarkan rekaman dan menjelaskan ulang padanya, maka Nadya belajar secara mandiri di rumah.

Dia aktif mengikuti berbagai kegiatan, seperti Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) dia membuat karya tulis ilmiah sebanyak dua kali dengan mengangkat topik rancangan aplikasi ramah Tuli, hingga magang di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. 

Berkat dukungan dan motivasi dari orang tua, dosen dan teman-teman yang membuat Nadya menjadi percaya diri, dia berharap hal ini bisa menginspirasi bagi semua yang punya keterbatasan.

"Keterbatasan hanyalah awal perjalanan, jangan menyerah dan teruslah melangkah untuk meraih cita-cita pendidikan," ujar Nadya berpesan. (Restu)

Sumber: detik.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.