BijakFun

Nadhifa Wanita dengan Semangat Luar Biasanya dan Niat dalam Berpuasa

Menjadi disabilitas tidak menghalanginya dari beraktivitas, yuk simak ceritanya!

192  views

KamiBijak.com, Hiburan – Nadhifa Ramadhani seorang wanita berusia 23 tahun asal Bekasi mengalami Osteosarcoma atau kanker tulang dan menyebabkan salah satu kakinya harus diamputasi. Kini dia sedang berkuliah online, menjadi disabilitas tidak membuatnya berhenti dalam melakukan hal kesukaannya yaitu bermain basket. 

“Aku ikut di komunitas Jakarta Swift Wheelchair Basketball. Ini  komunitas basket kursi roda, jadi ada sesama disabilitas, dan non disabilitas juga ada. Komunitas ini sangat menyenangkan, karena aku suka basket, dan bisa bertemu teman yang mendukung, dan suportif,” katanya.

Menurut Nadhifa, dia juga berpuasa, “Ya aku puasa. Bangun subuh buat sahur. Kalau soal makanan tidak ada ketentuan, aku makan apa saja yang disiapkan sama ART dan jangan makan yang pedas supaya tidak sakit perut, dan juga saya tidak ada cara tertentu, maka dengan beraktivitas bisa membantu mendistraksi kalau kita sedang lapar dan haus. 

Tentu aktivitas yang dilakukan juga bukan aktivitas yang berat ya, hahaha,” katanya.

Hal yang susah selain menahan lapar dan haus bagi Nadhifa adalah, “Hmm menurut aku mungkin yang paling susah ya menahan nafsu yang lain, seperti berusaha tidak marah atau bete ke orang lain, dan konsisten ibadah, tapi sangat aku usahakan untuk tetep konsisten terutama setelah Ramadan selesai, ini jauh lebih sulit sih,” katanya.

Hal yang paling membuatnya rindu adalah setiap Ramadan akan membuat kue kering. “Mamaku selalu bikin kue kering, jadi paling dikangenin kalau udah Ramadan ya buat makan dan bikin kue keringnya sih, hahah. Karena jadi lebih kerasa vibes ramadannya kalau udah mulai bikin kue,”katanya.

Menurut Nadhifa untuk haknya sebagai disabilitas belum sepenuhnya terpenuhi.“Masih banyak aspek lingkungan yang belum ramah disabilitas. Namun kadang memang stigma masyarakat terkait disabilitas itu masih lebih banyak negatif. Kadang masih saja dipandang tidak bisa apa-apa, padahal kami tidak berbeda dari teman non-disabilitas, banyak teman disabilitas yang memiliki kemampuan yang sama dengan non-disabilitas. Pandangan mengasihani masih banyak diterima teman disabilitas,” katanya. (Sonia/MG)

Sumber    : Dok. KamiBijak (11/04/22) 

nadhifarmdhn | Instagram

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, comment and share. 
Saluran KamiBijakID: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Ikuti juga kami di sini: 
Situs web: http://bit.ly/KamiBijakcom   
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram   
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TIK tok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok   

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.