KabarBijak

Mohammed bin Salman Ditunjuk Raja Arab Saudi Menjadi Perdana Menteri Kerajaan

Salman bin Abdulaziz Raja Arab Saudi memilih putranya Pangeran Mohammed bin Salman atau biasa dikenal Pangeran MbS sebagai Perdana Menteri Kerajaan

390  views

KamiBijak.com, Infosiana – Salman bin Abdulaziz Raja Arab Saudi memilih putranya Pangeran Mohammed bin Salman atau biasa dikenal Pangeran MbS sebagai Perdana Menteri Kerajaan dan putra keduanya Pangeran Khalid sebagai Menteri Pertahanan Arab Saudi.

Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman Diangkat Jadi Perdana Menteri

Diambil dari kantor berita SPA, perombakan itu membuat putra lainnya Pangeran Abdulaziz bin Salman, menuduki jabatan menteri energi. Sementara Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud, Menteri Keuangan Mohammed al-Jadaan dan Menteri Investasi Khalid al-Falih tetap di posisi mereka.

Pejabat Saudi menyebutkan, jika peran baru MbS sebagai perdana menteri sejalan dengan delegasi tugas raja yang diberikan kepadanya sebelum ini, termasuk mewakili kerajaan dalam kunjungan ke luar negeri dan memimpin pertemuan puncak yang diselenggarakan oleh Kerajaan.

"HRH Putra Mahkota, berdasarkan perintah Raja, sudah mengawasi badan eksekutif utama negara setiap hari, dan peran barunya sebagai perdana menteri ada dalam konteks itu," ucap pejabat itu, yang menolak disebutkan namanya.

Menurut SPA, putra mahkota mengatakan kerajaan telah meningkatkan swasembadanya dalam industri militer menjadi 15 persen dari 2 persen dan berencana untuk mencapai 50 persen di bawah menteri pertahanan yang baru diangkat.

Mohammed bin Salman Ditunjuk Jadi PM Arab Saudi - Serambinews.com

Raja Salman masih akan memimpin rapat kabinet yang dia hadiri, menurut dekrit tersebut. Setelah dekrit dibuat, TV pemerintah menayangkan raja memimpin rapat kabinet mingguan.

Raja berusia 86 tahun menjadi penguasa pada 2015 setelah menghabiskan lebih dari 2,5 tahun sebagai putra mahkota. Dia telah dirawat di rumah sakit beberapa kali selama dua tahun terakhir karena berbagai penyakit.  (MG/Dicky)

Sumber: dunia.tempo.co

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   
 
 

Terima kasih sudah menonton. Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.