BijakFun

Menikmati Kopi Sambil Belajar Bahasa Isyarat di Cabais Kafe

Cabais Kafe, adalah kafe pertama di Pontianak yang bisa mengajarkan bahasa isyarat kepada pengunjungnya.

886   views

KamiBijak.com, Hiburan – Kafe Bahasa Isyarat (Cabais) adalah salah satu kafe pertama di Pontianak yang  bisa mengajarkan bahasa isyarat kepada pengunjungnya. Kafe ini dipikirkan juga untuk menghilangkan pembatas antara teman Tuli dan teman dengar

Kafe yang terletak di Jalan Sungai Dalam, Komplek Griya Pesona ini juga dikelola oleh salah satu mantan Miss Deaf Indonesia, Lidya Alvani Taslim, dan rekannya Willy. Tidak hanya itu, para pekerja di sana juga merupakan seorang penyandang disabilitas.

Tapi tidak perlu khawatir, untuk membantu komunikasi, di dinding dekat meja kasir terdapat papan abjad Bisindo, tapi jika pengunjung juga masih merasakan kesulitan para pekerja di sana akan menyediakan kertas untuk mempermudahkan pengunjung memesan menu.

Uniknya, pada gelas juga disediakan abjad bahasa isyarat, jadi para pengunjung disana juga bisa sekalian belajar berbahasa isyarat dari gelas tersebut. Tidak hanya itu saja, para karyawan juga dengan senang hati untuk bergabung dengan pengunjung untuk belajar bahasa isyarat.

"Teman-teman Tuli itu sangat senang kalo misalnya ada kafe sebagai wadah untuk komunitas bahasa isyarat. Selain itu, tujuannya ingin teman dengar atau orang lain belajar isyarat. Jadi, kami mendirikan kafe ini sekaligus untuk belajar bahasa isyarat," kata Lidya Alvani Taslim yang juga seorang pengajar bahasa isyarat, dilansir dari Hi!Pontianak.

Liday berharap agar usahanya berbuahkan hasil untuk memberikan interaksi yang lebih baik lagi antara teman Tuli dan teman dengar, selain itu juga ia ingin memberikan lapangan pekerjaan untuk teman Tuli. 

Liday juga menambahkan bahwa ia berharap agar Kafe Cabais bisa menjadi penghubung agar tidak adalah diskriminasi antar para penyandang disabilitas dan non-disabilitas. (GLOR/MG)

Sumber :   https://kumparan.com/hipontianak/cabais-kafe-pertama-di-pontianak-yang-mengajarkan-bahasa-isyarat-1x76ssdHg3f/full   

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:     
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.