BijakFun

Mengenal Lebih Dekat SLB Helen Keller, Sekolah Berasrama Bagi Penyandang Disabilitas

SLB Helen Keller Yogyakarta, sekolah berasrama untuk penyandang disabilitas di Yogyakarta,tak hanya akademik diperhatikan, tetapi life skill prioritas

699   views

Kamibijak.com, Hiburan – Bicara tentang sekolah bagi penyandang disabilitas, mungkin kita bisa mengenal lebih jauh melalui SLB Helen Keller Indonesia atau SLBHKI di Yogayakarta. SLBHKI adalah sekolah berasrama bagi penyandang disabilitas. Di sekolah ini, tidak hanya kemampuan akademik yang menjadi prioritas, tetapi life skill juga diprioritaskan.

Di SLBHKI, kebanyakan siswanya adalah teman Tuli beserta disabilitas lainnya seperti Disabilitas Netra, autisme, serta kesulitan belajar. Karena menyandang disabilitas ganda, di SLBHKI mereka diajar untuk juga memiliki keterampilan sederhana.

Karena mayoritas siswanya adalah penyandang disabilitas ganda, sistem komunikasi yang digunakan pun harus disesuaikan. Misalnya, dengan menggunakan benda sebagai alat komunikasi. 

Bagi mereka, belajar dan berkomunikasi menjadi lebih mudah apabila dilakukan sembari memegang benda yang bersangkutan. Baik miniatur maupun potongan benda aslinya. Atau bagi teman Tuli total sekaligus Disabilitas Netra, komunikasi berlangsung dengan menggunakan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia atau SIBI dengan cara hand in hand, sehingga jari dan tangan dapat menggantikan fungsi mata dan telinga. 

Intinya, di sekolah ini komunikasi disesuaikan dengan kondisi masing-masing individu sehingga komunikasi bisa dimaksimalkan.

Untuk materi pembelajarannya, SLBHKI menggunakan kurikulum KTSP 2013 bagi siswanya yang tidak memiliki hambatan intelektual. Sedangkan bagi mereka yang memiliki hambatan intelektual, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum fungsional karena mereka sama sekali tidak dapat membaca ataupun menulis. 

Kurikulum fungsional ini mengajarkan berbagai keterampilan sederhana, misalnya menjemur baju, menyiram tanaman, atau sejenisnya. 

Selain kurikulum fungsional, ada juga program transisi. Program ini adalah program yang bertujuan memfasilitasi siswa sebelum kembali ke keluarganya agar dapat beradaptasi dengan maksimal. Dalam pelaksanaanya, saat program transisi dilaksanakan pihak sekolah akan mengunjungi rumah siswa yang bersangkutan dan melihat apa yang bisa menjadi mata pencaharian setelah menyelesaikan pendidikan. (JN/MG)

Sumber: https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4404426/mengintip-kegiatan-belajar-anak-dengan-disabilitas-ganda-di-slb-helen-keller-yogyakarta 
#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): slb helen keller,slb helen keller indonesia,slb helen keller yogyakarta,asrama,profil slb helen keller,profil slb helen keller yogyakarta,helen keller indonesia,sekolah luar biasa,sekolah luar biasa di indonesia,disabilitas,penyandang disabilitas,teman tuli,kamibijak,kami bijak