BijakFun

Mengenal Abdul, Sosok Guru Tuli yang Ikut Seleksi Pelopor Pemuda Jatim

Mengenal Abdul, sosok Guru Tuli yang mengikuti seleksi Pelopor Pemuda Jatim.

1,054  views

KamiBijak.com, Hiburan - Guru Tuli bernama Muhammad Nashir Abdul asal Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur ini mengajar Bahasa Isyarat untuk kebutuhan akses Tuli dalam penyediaan fasilitas dan pelayanan umum. 

Abdul adalah seorang alumni Universitas Brawijaya, Malang dengan jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) periode 2016-2019. 

Saat ini, Abdul menjabat sebagai ketua dari komunitas Aksi Arek Tuli (Akar Tuli) yang aktif sebagai narasumber dalam kegiatan kepemudaan organisasi di Bojonegoro yang diadakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Bojonegoro. Kegiatan Pembelajaran Kelas Bahasa Isyarat tersebut, bertujuan memberikan pengenalan, dan masukan komunikasi pelayanan bahasa isyarat di ranah publik.

Abdul juga merupakan salah satu pengurus di bidang pendidikan dari Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin), yakni mengajar Bahasa Isyarat.

Bulan April 2024 lalu, Abdul mengikuti seleksi Pemuda Pelopor dan meraih Juara Terbaik 1 Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro tahun 2024 di Bidang Pendidikan.

Pada Sabtu 11 Mei 2024, Abdul mengikuti seleksi Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Jawa Timur, dan lolos untuk tahap berikutnya yakni Fact Finding, atau Penilaian Lapangan.

Semoga dia bisa bermanfaat untuk advokasi pada masyarakat tentang kesadaran akses bahasa isyarat yang ramah Tuli. (Restu)

Sumber: blogbojonegoro.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.