BijakFun

Mencegah Keretakan Keluarga Akibat Anak Kesayangan

Mencegah perlakuan khusus terhadap salah satu anak merupakan langkah yang tepat untuk menghindari risiko kerusakan mental anak.

1,140  views

KamiBijak.com, Hiburan – Kesehatan fisik anak tentu harus diperhatikan, tetapi kesehatan mental juga sama pentingnya. Memiliki anak lebih dari satu akan menjadi tantangan bagi orang tua.

Pasalnya, sebagai orang tua harus bisa bersikap adil dalam mendidik, memberikan perhatian, dan membangun kedekatan. Anak membutuhkan dukungan yang positif dari masing-masing anggota keluarga.

Hal yang perlu menjadi perhatian adalah adanya kasus keluarga yang memiliki anak kesayangan sehingga terlalu memberikan perhatian khusus pada salah satu anak tersebut.

Banyak dampak yang akan anak alami jika merasa orang tua lebih menaruh perhatian pada saudaranya. Dilansir dari merdeka.com, berikut penjelasan mengenai isu ini.

Jujur pada diri sendiri

Menurut terapis keluarga, Michele Levin, memang sangat umum orang tua bisa menyukai salah satu anak mereka. Beberapa faktor yang memengaruhi adalah sifat anak.

Anak memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Terkadang ada anak yang lebih mudah diasuh dan didekati oleh orang tua. Di satu sisi terdapat faktor kondisi anak atau medis sehingga membutuhkan perhatian ekstra.

Kondisi ini bisa menyebabkan kecemburuan anak. Namun, sebagai orang tua sudah seharusnya untuk jujur pada diri sendiri dan mencari sumber masalahnya. Membangun komunikasi yang baik untuk memberikan pengertian pada anak juga sangat diperlukan.

Dampak negatif memiliki anak kesayangan

Anak yang merasa tidak adil dan cemburu dengan perlakuan khusus orang tua terhadap anak yang lain, bisa memengaruhi harga dirinya. Selain itu, anak yang merasa cemburu akan menimbulkan sifat memberontak.

Hal yang perlu diperhatikan, yakni tidak membandingkan satu anak dengan anak lainnya. Menghindari untuk melabeli sifat anak juga diperlukan. Misalnya, anak tersebut pintar, atletis, penurut, dan lainnya.

Risiko keutuhan keluarga dan cara mengatasinya

Risiko yang akan dihadapi jika memiliki anak kesayangan adalah retaknya hubungan keluarga. Sikap pilih kasih akan membuat hubungan antara saudara kandung dengan orang tua semakin merenggang. Berikut cara mengatasinya:

  • Jangan mengabaikan anak. Orang tua harus memberikan sikap yang adil dan mencari tahu perasaan anaknya.
  • Jika anak marah dengan meledak-ledak berikan waktu untuknya agar merasa tenang. Setelah itu, barulah berkomunikasi dengannya.
  • Sampaikan permintaan maaf pada anak dan bisa menanyakan pendapatnya untuk mencari tahu apa yang mereka butuhkan.
  • Upayakan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan anak. (MG/Galuh)

Sumber: merdeka.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel
 
Follow kami juga di sini: 
 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.