BijakFun

Membuat Program dan Acara yang Inklusif dan Ramah Disabilitas

4 hal umum bagi JBFT agar acara dikatakan sukses.

2,960  views

KamiBijak.com, Hiburan – Disabilitas sering sekali menjadi komunitas yang terpisahkan dari lingkungannya karena batasan yang menggerbangi baik berupa fisik atau mental. Saat ikut suatu acara atau program yang diselenggarakan instansi pemerintahan atau swasta. 

Hal ini membuat teman disabilitas tidak bisa berkontribusi secara aktif dalam acara tersebut. Sementara itu pada tahun 2017, 14 kota menandatangani piagam jaringan Walikota Indonesia menuju kota inklusif, yang berkomitmen menghapus diskriminasi terhadap disabilitas.

Cucu Saidah inisiator Jakarta Barier Free Tourism berbagi tips merencanakan kegiatan yang aksesibel dan inklusif terhadap disabilitas. JBFT merupakan komunitas yang terbentuk atas dasar keprihatinan sarana dan prasarana yang tidak aksesibel di Jakarta.

Secara umum ada 4 hal. “Pertama adalah kebutuhan mobilitas yaitu memberikan akses untuk kebutuhan disabilitas daksa, misal akses ke kamar mandi, Kedua, kebutuhan visual untuk netra atau low vision, misal memberikan narasi pada video. Ketiga, audio yang sangat dibutuhkan untuk Tuli. Keempat yaitu bagaimana kita memahami para disabilitas tidak terlihat, misalnya psikososial, kognitif, dan yang termasuk didalamnya orang yang mempunyai indera penciuman tajam atau alergi makanan,” ucap Cucu.

Dalam penyelenggaraan secara online, pastikan untuk web yang aksesibel atau bisa dibaca screen reader, caption, teks, dan audionya. JBFT juga sering mengadakan inspeksi lapangan terkait aksesibilitas. Praktik inklusi dalam event yang telah diselenggarakan dapat memberikan contoh pada organisasi atau instansi pemerintahan agar mengaplikasikannya. (Sonia/MG)

Sumber : Solider.id

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, comment and share. 
Saluran KamiBijakID: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Ikuti juga kami di sini: 
Situs web: http://bit.ly/KamiBijakcom   
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram   
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TIK tok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok   

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.