BijakFun

Membanggakan! Atlet Bulu Tangkis Tuli Meraih Emas di Kejuaraan Asia Pasifik

Atlet Bulu Tangkis Tuli menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di Kejuaraan Asia Pasifik.

548  views

KamiBijak.com, Hiburan –  Indonesia meraih medali emas di Kejuaraan Bulu Tangkis Tuli Asia Pasifik ke-6 di Chonburi, Pattaya, Thailand yang digelar pada 14-21 September. Atlet Bulu Tangkis Tuli, Ilyas Rahman Ryandhani dan Eddie Susanto ini menyumbangkan medali emas untuk Indonesia.

Ilyas Rahman Ryandhani meraih emas pertamanya dari nomor tunggal putra setelah mengalahkan rekan Edy Susanto di babak final. Ilyas kembali meraih emas di ganda putra bersama Edy Susanto setelah mengalahkan tuan rumah Thailand di 21-19, 22-20. Pada ganda campuran, Ilyas menyumbangkan medali perunggu bersama rekannya. 

“Kalau dengan Edy saya main ganda putranya, saya juga main tunggal dapat emas, ganda campuran dapat perunggu,” tulis Ilyas dalam wawancara daring pada Selasa, (27/9/2022).

Ilyas juga menyampaikan rasa bangganya karena dapat menyumbangkan medali emas untuk Indonesia. Karena keadaan mulai kembali normal setelah pandemi, membuat semangat para atlet untuk berlatih dan bertanding juga kembali tinggi.

“Tentunya saya senang dan bangga karena sejak pandemi kan memang tidak ada turnamen ke luar, selain itu turnamen yang sebelumnya saya ikuti kan untuk U-21, tapi ini saya turun di open dan saya bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” lanjut Ilyas.

Ilyas dan Edy juga mengatakan, ketika melakukan pertandingan tidak memiliki kendala. Namun, yang terpenting adalah menyiapkan mental dalam pertandingan yang akan mereka hadapi.

“Kalau selama pertandingan tidak ada kendala, cuma saya harus mempersiapkan mental saat akan mengikuti lomba misal dari tunggal ke ganda putra maupun ke ganda campuran, karena setiap kategori itu ada perbedaan dalam pola bermainnya,” tulis Ilyas.

Bulu Tangkis Tuli Asia Pasifik 2022 diikuti oleh 7 negara yaitu, India, Indonesia, Jepang, Hongkong, Korea Selatan, Malaysia dan tuan rumah Thailand. Untuk mengikuti kejuaraan tersebut selain Ilyas dan Edy, Indonesia juga mengirimkan delegasi lainnya yaitu, Dzakiyah A Maruf, Ghaniah Fadlatun Nisa, dan Muhamad Enrico Rasyadan.

Persatuan Olahraga Tuna Rungu Indonesia (PORTURIN) memfasilitasi keberangkatan delegasi atlet Tuli Indonesia ini. PORTURIN merupakan induk organisasi olahraga khusus atlet Tuli. PORTURIN juga tercatat menjadi anggota resmi dari International Committee of Sports for the Deaf (ICSD), yang berada di bawah naungan Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Saat wawancara Edy menjelaskan, tempat mereka latihan masih sewa sendiri dan peralatan bulu tangkis seperti raket dan lain-lainnya merupakan sponsor dari Fly Power. Mereka juga berharap adanya bantuan perihal tempat latihan dan dana untuk mewakili Indonesia. 

“Kami perlu di dukung tempat latihan dan dana untuk bisa mewakili Indonesia dan pastinya doa dari semua masyarakat Indonesia agar kami anak-anak Tuli bisa mengharumkan nama bangsa,” tulis Ilyas.

Setelah mengikuti kejuaraan di Thailand, mereka akan melanjutkan dan mempersiapkan pertandingan di ASEAN Deaf Games 2022 di Malaysia dan Deaflympic Jepang mendatang. 

“Nanti ada lomba lagi ASEAN Malaysia dan soon deaflympic Japan,” tulis Eddie. (MG/Nadia)

Sumber: Wawancara (27/9/2022)

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.