BijakFun

Masjid Istiqlal Kembali Menambah Aksesibilitas Bagi Jemaah Disabilitas

Sempat tertunda karena pandemi Covid-19, kini program penambahan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas di Masjid Istiqlal kembali dilanjutkan.

4537   views

KamiBijak.com, Hiburan – Masjid Istiqlal menambah akses ramah disabilitas bagi jemaah dengan bertujuan memberikan fasilitas guna mendukung disabilitas dalam beribadah. Program yang dirancang akan mulai pada tahun 2019 ini sempat tertunda karena pandemi Covid-19. 

Kabid Pendidikan dan Pelatihan Faried Saenong berharap agar penyediaan fasilitas akses rumah ibadah ramah disabilitas ini dapat menjadi contoh untuk seluruh masjid yang ada di daerah. 

Pihak Masjid Istiqlal mempersiapkan beberapa akses untuk penyandang disabilitas seperti akses yang tersedia di pintu Al Fatah, antara lain lantai pemandu menuju lift ke tempat ibadah utama di lantai satu dan lantai dua, lift dengan suara, dan lantai yang tidak berundak. 

Tetapi, sayangnya ada beberapa aksesibilitas yang belum tersedia, seperti pintu Al Malik untuk menuju kantor pengelola masjid dan pintu Al Gaffar. "Belum ada ramp di lobi utama pintu Al Malik, masih ada undakan setinggi betis orang dewasa di lobi. Penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda harus digendong ketika hendak masuk," kata anggota Komnas Perempuan, Bahrul Fuad saat uji aksesibilitas di pintu Al Malik.

Selain itu kebutuhan akses lainnya bagi jemaah Tuli seperti simbol atau tanda petunjuk belum tersedia dan juga toilet yang masih terpisah dengan ruang ibadah, karena hal tersebut juga menyulitkan bagi jemaah pengguna kursi roda.
 
Menurut aktivis Tuli, Surya Sahetapy, selain itu juga diperlukan petugas khusus yang dapat berbahasa isyarat untuk mendampingi jemaah Tuli dan petugas yang memegang writing pad agar dapat berkomunikasi melalui tulisan ketika mereka ingin bertanya. 

Saat melakukan uji aksesibilitas ini, Cheta Nilawaty jurnalis disabilitas Netra Tempo menjelaskan bahwa terasa ada alur yang terputus saat mendekati karpet di dalam ruang ibadah, diperlukan juga penunjuk arah kiblat ini dapat dipasang pada tepi karpet dan perlu juga tanda di dalam lantai pemandu yang menunjukkan mana barisan sholat perempuan dan laki-laki. Dari semua jenis aksesibilitas yang harus tersedia yang paling terpenting adalah unit layanan informasi disabilitas. (GLOR/MG)

Sumber : https://difabel.tempo.co/read/1500246/masjid-istiqlal-uji-aksesibilitas-untuk-difabel-mana-saja-yang-perlu-diperbaiki/full&view=ok 

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom  
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==========================================
Tag: masjid istiqlal,masjid istiqlal jakarta,disabilitas,akses disabilitas masjid istiqlal,aksesibilitas disabilitas,masjid inklusif,masjid istiqlal inklusif,disabilitas,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com