KabarBijak

MAN 4 Jakarta Raih Emas dalam Kompetisi IICYMS

Siswa kelas X MAN 4 Jakarta ini berhasil menciptakan aplikasi yang bermanfaat bagi pelajar dengan disabilitas

2,520  views

Kamibijak.com, Infosiana – Dua siswa Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta (MAN 4 Jakarta) berhasil meraih medali emas dalam International Invention Competition for Young Moslem Scientists (IICYMS). Prestasi ini ditorehkan oleh Ayla Zahara Nibras dan Nayla Anindya.

Kedua siswa kelas X MAN 4 Jakarta ini berhasil mengungguli pesaing dari luar negeri setelah berhasil menciptakan aplikasi yang bermanfaat bagi pelajar dengan disabilitas. Aplikasi yang diberi nama EDISTA, singkatan dari Education for Diverse and Inclusive Student Transformation & Advancement, dirancang untuk memantau kesehatan mental pelajar dengan disabilitas. 

IICYMS merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) bekerja sama dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kompetisi ini berlangsung di Bandung selama tiga hari, mulai dari tanggal 23 hingga 26 Mei 2023.

"Prestasi ini menjadi kebanggaan bagi MAN 4 Jakarta Selatan. Semoga menjadi motivasi bagi seluruh siswa dan guru," kata Kepala MAN 4 Jakarta, Wido Prayoga, seperti yang dikutip dari laman Kementerian Agama pada Senin (29/5/2023).

Wido menjelaskan bahwa salah satu langkah yang dilakukan oleh Ayla dan Nayla adalah melakukan riset di MAN 11 Jakarta, yang merupakan salah satu madrasah inklusi di Jakarta. Dalam proses pengembangan aplikasi EDISTA, mereka dibimbing oleh para guru MAN 4 Jakarta.

Selain meraih medali emas, tim MAN 4 Jakarta Selatan juga menerima penghargaan Special Awards dari Malaysia Young Scientist Organization (MYSO).

Pencapaian ini membuktikan bahwa siswa-siswa Indonesia memiliki kemampuan dan potensi yang luar biasa dalam bidang sains dan teknologi. Diharapkan, prestasi ini dapat menginspirasi dan memotivasi siswa lainnya untuk terus berinovasi dan berprestasi di kompetisi internasional.

Dengan aplikasi EDISTA yang mereka ciptakan, diharapkan para pelajar dengan disabilitas akan mendapatkan dukungan yang lebih baik dalam menjaga kesehatan mental mereka. Keberhasilan Ayla Zahara Nibras dan Nayla Anindya menjadi teladan bagi generasi muda Indonesia untuk terus berkreasi dan memberikan kontribusi positif dalam memajukan bangsa. (MG/Disha)

Sumber: kompas.com

 
Jangan lupa subscribe, komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   
 
Follow kami juga di sini: 
 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.