KabarBijak

Malaysia Airlines MH17 Ditembak Rudal Buatan Rusia

Pengadilan Belanda konfirmasi Malaysia Airlines MH17 ditembak rudal buatan Rusia pada 2014 lalu

2,396  views

KamiBijak.com, Infosiana – Pada 2014 penerbangan Malaysia Airlines MH17 ditembak rudal buatan Rusia dari lokasi di Ukraina Timur. Hal tersebut diumumkan oleh pengadilan Belanda yang menangani persidangan keempat tersangka dalam kasus jatuhnya pesawat pada kamis (17/11/2022).

MH17 Malaysia Dinyatakan Jatuh Ditembak Rudal Rusia, Moskwa: Putusan  Bermotif Politik

“Pengadilan berpendapat bahwa MH17 dijatuhkan oleh tembakan rudal BUK dari ladang pertanian dekat Pervomaisk, menewaskan seluruh 283 penumpang dan 15 awak pesawat,” ujar Hendrik Steenhuis selaku Hakim Ketua.

Putusan pengadilan itu dilontarkan setelah lebih dari delapan tahun pesawat Boeing 777 terbang dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur itu jatuh di Ukraina, dan menewaskan 298 orang didalamnya.

Ledakan jatuhnya pesawat itu terjadi ketika konflik antara pemberontak pro-Rusia dengan pasukan Ukraina.

“Sejak pertengahan Mei 2014, Rusia disebut-sebut memiliki kendali penuh atas Republik Rakyat Donetsk,” ucap Steenhuis, merujuk pada wilayah di mana pesawat komersial itu ditembak jatuh.

Rusia Sebut Putusan Kasus Penembakan Pesawat MH17 di Belanda Bermotif  Politik - Tribunjogja.com

Pengadilan lalu memutuskan dua warga negara Rusia dan seorang warga Ukraina pro-Moskow bersalah secara in absentia, karena terdakwa tidak hadir dipersidangan, mereka divonis hukuman penjara seumur hidup.

Lalu terdapat seorang lagi warga Rusia dibebaskan karena kurang bukti. Terdakwa paling senior yang dihukum adalah Igor Girkin, mantan kolonel Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) berusia 51 tahun.  (MG/Dicky)

Sumber: kompas.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   
 
 

Terima kasih sudah menonton. Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.