BijakFun

Mahasiswa Disabilitas Berhasil Raih KIP Kuliah, Berikut Kisah Inspiratif!

Disabilitas tidak menjadi halangan bagi mahasiswa-mahasiswa ini untuk meraih KIP Kuliah.

806  views

Kamibijak.com, Hiburan – Kartu Pinta Kuliah (KIP Kuliah) menjadi hak bagi semua orang termasuk disabilitas dalam menempuh pendidikan tinggi. Jilly Floreta adalah salah satu disabilitas mental berupa Bipolar Affective Disorder yang berhasil mendapatkan KIP di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam program studi manajemen pada tahun 2020 lalu.

Perempuan yang lebih diakrab dipanggil Jilly ini bersasal dari keluarga yang kurang berkecukupan. Ayahnya sendiri hanya berprofesi sebagai tukang becak.

“Saya kerap cemas yang berlebihan, tiba-tiba berubah mood menjadi down atau sebaliknya tanpa diawali gejala, walaupun secara perlahan saya kini sudah bisa sedikit mengontrolnya,“  kata Jilly menjelaskan disabilitasnya.

“Performa saya di kelas baik. Tugas-tugas bisa saya selesaikan. Namun, ada waktu tiba-tiba saya down, tidak bisa melakukan apa-apa termasuk ngerjain tugas. Benar-benar enggak bisa. Jadi, saya harus istirahat beberapa waktu sampai mood kembali muncul,“ ujar wanita kelahiran 2002 tersebut.

Di lain sisi terdapat Helda, disabilitas intelektual yang memperoleh KIP di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) sebagai mahasiswa program studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini di ULM. Sama seperti Jilly, Helda juga mendapatkan KIPnya pada tahun 2020.

Helda lambat dalam menghadapi materi perkuliahan,baik saat mendengar paparan materi dari dosen atau membaca literatur. Perlu penjelasan yang rinci dan berulang-ulang agar Helda mampu memahami materi kuliah.

“Waktu semester 1 sampai 4 dulu, ada teman yang mendampingi memberi penjelasan soal materi kuliah sampai hal-hal teknis,seperti kapan pengumpulan tugas, jenis penugasan dan sebagainya. Semester 5 kemarin tidak ada lagi teman, jadi saya kesulitan,“ jelasnya.

Kemudian, terdapat juga Ervin Ramadhani Savitri, seorang disabilitas netra yang berhasil program studi Universitas Pendidikan Mandalika, Mataram dan memperoleh bantuan pendidikan dari pemerintah berupa KIP Kuliah.

(MG/Disha)

Sumber: tempo.co

 
Jangan lupa subscribe, komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel    

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.