KabarBijak

Kurangnya Tenaga Medis dan Rumah Sakit Jiwa jadi Kendala Penanganan ODGJ di Indonesia

Diperlukan dukungan dan dorongan kepada pemerintah seperti sarana dan prasarana untuk penanganan ODGJ di Indonesia.

108   views

KamiBijak.com, Infosiana – Kurangnya fasilitas pelayanan kesehatan rumah sakit jiwa di setiap provinsi membuat seseorang yang mengalami gangguan jiwa tidak bisa mendapatkan pengobatan dan penanganan yang semestinya. 

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa Napza Dr. Celestinus Eigya Munthe menyampaikan bahwa sampai saat ini petugas profesional yang menangani kesehatan jiwa juga masih kurang. Ia juga menambahkan sampai hari ini tenaga pelayanan profesional kesehatan jiwa hanya berjumlah 1.053 orang. 

Hal ini juga merupakan salah satu penyebab kendala yang dihadapi oleh para tenaga kesehatan untuk mengatasi penanganan ODGJ di Indonesia. Selain itu juga masalah kesehatan di Indonesia masih terkendala stigma buruk dari masyarakat dan diskriminasi. 

“Kita sadari bahwa sampai hari ini kita mengupayakan suatu edukasi kepada masyarakat dan tenaga profesional lainnya agar dapat menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan gangguan jiwa, serta pemenuhan hak asasi manusia kepada orang dengan gangguan jiwa,” tutur Celestinus.

Untuk saat ini jumlah kasus ODGJ di Indonesia setidaknya 1 dari 5 penduduk yang di mana itu sekitar 20 persen jumlah populasi penduduk di Indonesia juga memiliki potensi gangguan jiwa. 

“Ini masalah yang sangat tinggi karena 20 persen dari 250 juta jiwa secara keseluruhan potensial mengalami masalah kesehatan jiwa,” katanya.

Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes dr. Maxi Rein Rondonuwu juga menambahkan agar pemerintah bisa memprioritaskan isu kesehatan jiwa agar lebih cepat untuk penanganannya. 

Diperlukan juga program layanan kesehatan jiwa dengan memberikan perhatian yang fokus, dan juga menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. (GLOR/MG)

Sumber : https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4681836/rumah-sakit-jiwa-terbatas-salah-satu-kendala-penanganan-odgj-di-indonesia  

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini:     
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom  
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram  
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook  
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok

===============================================================
Tag: odgj,penanganan odgj,orang dengan gangguan jiwa,rsj,rumah sakit jiwa,kendala penanganan odgj,disabilitas,penyandang disabilitas,berita disabilitas,difabel,berita difabel,masalah odgj,penyebab odgj,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com