KabarBijak

KPU Jatim Temui Kaum Disabilitas, Berharap Adanya Peningkatan Pemilih di 2024

Harapan KPU Jatim Kepada Kaum Disabilitas Untuk Meningkatkan Pemilihan di 2024

3,192  views

KamiBijak.com, Infosiana – Secara maraton Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar aksi ke daerah-daerah untuk sosialisasi meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilu 2024. Selain lakukan untuk pemilih pemula dan perempuan, sosialisasi ini juga dilakukan untuk segmentasi disabilitas.

KPU Jatim Menggelar aksi sosialisasi disabilitas ini di kawasan daerah dengan pelanggaran pemilu tinggi yaitu Kabupaten Sampang, Kamis (14/7/2022).

Sosialisasi partisipasi Pemilu, KPU Jatim sasar pemilih disabilitas dan  perempuan – Mercury FM Surabaya

"Ini merupakan bentuk komitmen KPU untuk mewujudkan Pemilu yang inklusif," ucap Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro.

Dia memfokuskan, dalam pemilu setiap masyarakat semua memiliki hak yang sama. Termasuk disabilitas juga memiliki hak untuk dipilih dan memilih dalam pesta demokrasi.

"Disabilitas bukan halangan untuk mencalonkan diri sebagai anggota legislatif maupun eksekutif," jelasnya.

 Di Pemilu 2019, dibanding dari jumlah DPT tingkat partisipasi segmen disabilitas Jawa Timur didapati 39 persen untuk Pilpres. Lalu 36 persen untuk pemilihan DPR RI. Sedangkan pemilihan DPD diketahui 36 persen. Kemudian, pemilihan DPRD provinsi 37 persen. Sementara perbandingan jumlah DPT dan jumlah partisipasi pemilih disabilitas pada pemilihan 2020 di Jawa Timur, diketahui laki-laki 38,34 persen dan perempuan 36,69 persen.

Cahyo mengharapkan dengan adanya pertemuan sosialisasi semacam itu bisa memotivasi untuk ikut bergerak pada Pemilu 2024 yang akan berlangsung secara serentak. 

"Kami merasa penting, meminta bantuan kawan-kawan disabilitas yang hadir pada kegiatan itu untuk ikut berpartisipasi aktif dalam Pemilu Serentak 2024," jelasnya.  (MG/Dicky)

Sumber: surabaya.tribunnews.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   
 
 

Terima kasih sudah menonton. Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.