KabarBijak

Komitmen untuk Dukung Gerakan Indonesia Inklusif, Aqua Klaten Diberi Penghargaan

Komisi Nasional Disabilitas (KND) memberikan anugerah Prakarsa Inklusi kepada PT Tirta Investama, Pabrik Klaten (Aqua Klaten).

710  views

Kamibijak.com, InfosianaKomisi Nasional Disabilitas (KND) memberikan anugerah Prakarsa Inklusi kepada PT Tirta Investama, Pabrik Klaten (Aqua Klaten). Penghargaan tersebut diberikan atas dukungan perusahaan terhadap gerakan Indonesia inklusif dan ramah disabilitas. 

Pada Selasa 27 September 2022, Dante Rigmalia, selaku KND memberikan anugrah tersebut sekaligus melakukan kunjungan terkait pengumuman Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo sebagai Desa Inklusi yang ramah dan Peduli Disabilitas di balai desa setempat.

Sudah 6 tahun sejak 2016, Aqua Klaten mendampingi inklusi Center Kecamatan Kranggan (ICKK) telah membantu 120 kaum disabilitas, 40 anak Berkebutuhan Khusus (ABK), dan pemberdayaan ekonomi untuk 15 keluarga, masyarakat, dan sukarelawan di Karanganom. 

Kegiatan itu diduplikasi pada kelembagaan Difa Tangguh Polan Mandiri yang bergerak aktif dan sudah memiliki 25 sukarelawan yang didukung oleh empat terapis profesional dan tujuh fasilitator. 

Mereka juga terus mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan terapi gratis dari PMI Klaten. Secara psikologis, mereka juga melatih bakat anak-anaknya. Kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap pekan guna bersilahturahmi, berbagi, dan saling memberikan semangat satu sama lain. 

Dante Rigmalia, selaku Ketua KND, mengatakan bahwa tantangan terbesar yang kerap dihadapi oleh kaum disabilitas adalah adanya stigma negatif dari keluarga mereka sendiri.

“Saya multidisabilitas tetapi saya merasa beruntung. Keluarga saya bisa memahami saya dan memberikan kesempatan berkembang. Berangkat dari dukungan dan perhatian keluarga, disabilitas bisa dikenali potensinya dan berkembang. Memiliki anak atau anggota keluarga disabilitas jangan dikonotasikan negatif. Inklusi center yang tumbuh dari level desa dan kecamatan ini adalah praktik baik. Kita harus gaungkan kebaikan ini,” ujar Dante berdasarkan siaran pers yang diterima Solopos.com.

Selanjutnya, I Ketut Muwaranata, selaku Plant Director AQUA Klaten, mengatakan pendampingan dan pemberdayaan disabilitas satu pemikiran dengan misi Danone yaitu One Planet One Health yang artinya hidup di satu planet dan hanya hidup satu kali. Artinya, lestarinya bumi dan sehatnya diri menjadi hal saling berkaitan satu sama lainnya. 

Dia berharap kolaborasi dengan pendekatan pentahelix ini dapat diperkuat dan menginspirasi semakin banyak perangkul kepentingan memberikan kesempatan bagi kaum disabilitas. (MG/Alissa)

Sumber : solopos.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.