Kisah Ratnawati Sutedjo Founder Precious One, Tak Ada Hambatan Berdayakan Disabilitas

Berbeda dari kebanyakan perusahaan, Precious One memberikan lebih banyak peluang untuk pekerja Disabilitas. Bagaimana kisahnya?

474   views

Kamibijak.com, Bincang Isyarat – Saat ini, banyak sekali perusahaan yang memiliki kriteria tersendiri dalam memilih calon karyawan baru.

Kriteria tersebut seperti memiliki pengalaman yang mendukung, skill dari masing-masing karyawan baru, lulusan sarjana, memiliki kapasitas yang sesuai dengan karyawan, dan sebagainya.

Namun, hal tersebut biasanya hanya dapat dirasakan oleh teman-teman non-disabilitas. Pasalnya, tidak jarang banyak perusahaan yang menolak teman-teman Disabilitas untuk bekerja di perusahaan mereka.

Walaupun banyak yang tidak menerima teman-teman Disabilitas, Precious One adalah salah satu yayasan nirlaba, di mana yayasan ini memperdayakan penyandang Tuli.

Ratnawati Sutedjo, adalah founder dari Precious One yang telah dibangun sejak 2001. Menurutnya, semua manusia itu sama. Walaupun teman-teman Disabilitas memiliki kekurangan, akan tetapi mereka juga memiliki kemampuan yang sama dengan orang-orang normal. 

Di Precious One, teman-teman Disabiltas membuat banyak sekali kerajinan tangan. Di antaranya adalah tas, dompet, tempat tisu, boneka kertas, angpao, tas lipat, dan lain-lain.

Di antara kerajinan tangan yang dibuat teman-teman Disabilitas, boneka kertas adalah kerajinan yang paling diminati saat ini. Tas lipat juga menjadi produk yang diminati karena penggunaannya sebagai bentuk mengurangi sampah plastik.

Tidak ada hambatan dalam mengajarkan teman-teman Disabilitas. Menurutnya, teknologi mempermudah proses belajar.

“Jadi sebenernya dengan adanya sekarang teknologi, dan penyediaan toko-toko yang menjual, sebenernya sudah tidak jadi hambatan dan tidak jadi kendala. Karena, aksesnya mudah, sudah bisa di YouTube,” Jelas Ratna.

Bahan-bahan keterampilan bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah, seperti kain perca, maupun botol bekas. Namun, teman-teman bisa membeli bahan-bahan kerajinan di toko-toko terdekat.

Sumber: https://www.youtube.com/channel/UClH-iALhZ2niASkp-XSNGpA

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.