BijakFun

Kisah Inspiratif Dokter Viquar Qurashi, Sumbang 10.000 Kaki Palsu untuk Disabilitas

Dokter Viquar Qurashi benar-benar inspiratif. Ia berhasil menyumbang kaki palsu untuk 10 ribu teman disabilitas di berbagai negara.

398   views

Kamibijak.com, Hiburan – Seorang dokter ahli bedah ortopedi asal Pakistan ini patut jadi contoh. Dialah dr Viquar Qurashi. Dokter yang kini menjadi warga negara Inggris tersebut sudah menyalurkan kaki palsu kepada lebih dari 10.000 orang.

Dr. Viquar Qurashi megatakan, sekitar delapan puluh persen orang mengalami amputasi sehingga mereka membutuhkan kaki palsu. Namun, harga yang mahal, sebesar $ 4.000 atau Rp 56,9 juta membuat banyak yang tidak mampu membeli kaki palsu.

"Hanya 25 persen dari populasi orang amputasi di dunia yang memiliki akses untuk mendapatkan kaki palsu yang artinya 80 persen lebih masih tanpa kaki palsu," kata Viquar dilansir dari laman BBC.

Ini yang membuat Viquar tergerak untuk berdonasi kaki palsu. Dia membuat kaki palsu sendiri dengan bahan plastik dengan kisaran harga Rp 900 ribu.

Cara pembuatan kaki palsu milik Viquar adalah dengan mencairkan pipa drainase dalam oven. Kemudian, dibentuk sesuai dengan kaki pasien.

"Aku bangga, aku tidak bisa bilang bahwa aku menyelamatkan kehidupan mereka tapi setidaknya aku melihat pasien dapat berjalan dan menjalani kehidupan mereka serta memenuhi kebutuhan hidupnya. Itu sangat penting," ujarnya.

Viquar mengatakan bahwa kaki palsu tidak selamanya bisa digunakan. Perlu adanya penggantian kaki palsu secara rutin.

"Anak-anak setiap 6 bulan mengalami pertumbuhan, dan setelah usia 18 masih membutuhkan penggantian kaki palsu dalam jangka waktu 3 sampai 4 tahun tergantung pemakaian," jelas Viquar.

Viquar sudah membantu di berbagai negara, seperti Suriah, Nepal, Vietnam, Kamboja, dan lain lain. Akan tetapi, pandemi Covid-19 menghambatnya untuk membantu teman-teman yang lainnya.

Karena kebaikan dan sikap yang bijaksana, Viquar mendapatkan penghargaan. Menurutnya, melihat pasien tersenyum adalah suatu kebanggan bagi diri sendiri.

"Setelah apa yang kami lakukan pada mereka, mereka tersenyum dan saya pikir itu adalah penghargaan bagi saya," tutup Viquar.

Sumber: https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4284268/buat-kaki-palsu-dengan-harga-terjangkau-dokter-ini-tolong-10000-orang-difabel?medium=Headline&campaign=Headline_click_1


#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): kisah inspiratif,dokter viquar,dokter viquar qurashi,dr viquar,dr viquar qurashi,kaki palsu,kaki palsu murah,penyumbang kaki palsu,dokter viquar qurashi,kamibijak,kami bijak