BijakFun

Kisah Ariyanto, Atlet Disabilitas Inspiratif di Asian Para Games 2023

Kisah Inspiratif Ariyanto, Atlet Lawn Bowls Timnas Indonesia di Asian Para Games 2023

1,083  views

Kamibijak.com, Hiburan – Ariyanto memiliki kisah menarik untuk dibahas. Atlet disabilitas Timnas lawn bowls Indonesia ini dulunya merupakan seorang supir truk dan kini akan mewakili Tim Merah-Putih di pentas Asian Para Games 2023 di Hangzhou, China, Oktober mendatang.

Ariyanto dulunya merupakan seorang supir truk. Namun, pada 2011 dia mengalami kecelakaan tragis yang menyebabkan kedua kakinya diamputasi. Pasca kejadian tersebut, kepercayaan dirinya menurun dan hanya bisa berdiam diri di rumah selama empat tahun tanpa melakukan kegiatan apapun hingga kepercayaan dirinya kembali lagi. 

Ariyanto menjadikan kekurangan yang dimilikinya menjadi kelebihan dengan terus belajar dan berusaha. Ia mencoba peruntungan sebagai pengukir kerajinan kayu Jepara serta menjadi pengrajin sandal limbah plastik. 

Kemudian, di tengah jalan Ariyanto dirangkul oleh komunitas disabilitas di Jepara. Lalu, dia mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan olahraga lawn bowls. Lawn bowls adalah olahraga melempar bola sejauh hingga 40 meter ke arah bola poin. 

Seiring berjalannya waktu, lewat pelatihan yang diikutinya, Ariyanto semakin mahir. Kini, dia mendapat kesempatan untuk membela Indonesia di Asian Para Games 2023.

“Oh awalnya memang sulit pak, itu kayak lemparan, power, cari sudutnya, itu masih berantakan gitu. Tapi kan terus dari pelatih dibimbing, dikasih teori, praktek, teori, praktek, dikasih masukan, lama-lama jadi bisa,” kata Ariyanto dikutip dari Youtube iNews TV, Senin (11/9/2023). 

Jenis olahraga yang ditekuni oleh Ariyanto Lawn bowls adalah olahraga melempar bola sejauh hingga 40 meter ke arah bola poin. Olahraga ini mirip dengan bowling, tetapi atlet melempar bola yang disebut ‘wood’, yang memiliki bias atau berat sebelah sehingga bisa menggelinding dengan arah melengkung.

Ariyanto saat ini tengah mengikuti pemusatan latihan cabang olahraga lawn balls di Solo, Jawa Tengah. Dia bergabung dengan rekan-rekannya di pelatnas untuk mempersiapkan diri tampil di Asian Paragames 2023. (Rafly/MG)

Sumber: sports.sindonews.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.
 
Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.