BijakFlash

Ketahui Dispraksia, Gangguan Seseorang Melakukan Gerak Motorik

Dispraksia merupakan jenis disabilitas yang dimiliki oleh Daniel Radcliffe.

3324   views

KamiBijak.com, Flash - Siapa yang tidak mengenal Daniel Radcliffe, aktor berusia 32 tahun ini pernah membintangi sejumlah film salah satunya adalah Harry Potter. Pada tahun 2008 silam, ia mengungkapkan bahwa ia memiliki kondisi yang disebut Dispraksia. 

Dalam sebuah wawancara, Radcliffe mengatakan bahwa ia sama sekali tidak pernah mengalami kesulitan saat menghafal naskah film, tetapi ia mengalami kesulitan saat melakukan hal sederhana. Tetapi dalam kesempatan itu, ia mengatakan bahwa dispraksia yang ia alami masih tergolong ringan tetapi memang mempengaruhi kemampuannya untuk melakukan hal yang sederhana. 

Dilansir dari halodoc.com, dispraksia sendiri adalah sebuah gangguan neurologis yang menyebabkan gangguan pada kemampuan seseorang untuk merencanakan dan memproses sebuah gerakan motorik. Penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Neurological Disorders and Strokes di Bethesda, Md. Mark Hallett  mengatakan bahwa belum diketahui pasti penyebab dari dispraksia ini. 

Menurut National Center for Learning Disabilities, seseorang dengan dispraksia mengalami kesulitan dalam merencanakan dan menyelesaikan tugas motorik halus dan kasar. Singkatnya seperti melambaikan tangan hingga urutan langkah menyikat gigi. 

Adapun dispraksia yang dialami pada bayi, bayi yang mengalami dispraksia akan membutuhkan waktu lebih lama dalam tahap perkembangan seperti duduk, merangkak, berjalan, bicara, berdiri, terlepas dari popok, dan membangun kosakata.

Dispraksia pada anak menyebabkan anak mengalami kesulitan melakukan gerakan halus, dalam konsentrasi, dan memproses pikiran.  Sedangkan dispraksia pada usia pra-sekolah kesulitan dalam berteman, berperilaku, tampak lamban dalam sebagian besar tindakan, tidak menggenggam pensil dengan baik. 

Sedangkan dispraksia pada usia dewasa, mengalami tampak postur tubuh yang buruk dan kelelahan, mudah frustasi karena terlalu sensitif terhadap rasa, sentuhan, cahaya, maupun kebisingan. 

Belum ditemukan secara pasti apa yang menyebabkan seseorang mengalami dispraksia. Namun menurut penelitian yang penelitian yang dilakukan oleh Disability and Dyslexia Service di Queen Mary University of London mengatakan dispraksia mungkin disebabkan oleh ketidakmatangan perkembangan neuron di otak, daripada kerusakan otak tertentu. (GLOR/MMG)

Sumber : https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4663197/mengenal-dispraksia-jenis-disabilitas-yang-dimiliki-pemeran-harry-potter-daniel-radcliffe 
#BijakFlash
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
==================
Tag:  dispraksia,apa itu dispraksia,gangguan motorik,gangguan motorik dispraksia,penyebab dispraksia,mengobati dispraksia,menangani anak dispraksia,gangguan motorik anak,disabilitas,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com