KabarBijak

Kereta Cepat Jakarta Bandung akan Berlanjut hingga Surabaya

Ridwan Kamil ungkap Rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan lenjut ke Surabaya

89  views

KamiBijak.com, Infosiana Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat mengungkapkan jika kereta cepat Jakarta-Bandung rencananya bakal dilanjut hingga Surabaya.

Luhut Sebut Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Pertengahan 2023 |  Republika Online

Ridwan Kamil menyebutkan tahap berikutnya pembangunan kereta cepat akan menuju rute Surabaya, rute itu akan melewati beberapa kota besar, mulai Kertajati, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun dan pemberhentian akhir di Surabaya.

"Dan doakan jika lancar, tahap berikutnya adalah rute

Bandung-Kertajati-Purwokerto-Yogya-Madiun-Surabaya. Diharapkan investasi lebih murah karena rutenya melipir jalan tol sehingga tidak banyak pembebasan lahan. Aamin," kata Ridwan Kamil dalam keterangan unggahan video di Instagram resminya @ridwankamil.

Ridwan kamil juga sempat mencoba kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Yang dipakai tes, adalah kereta inspeksi, yang masih dibungkus plastik dan ditutup lantai sementara," ujar Ridwan Kamil.

Saat mencoba kereta cepat itu, Ridwan Kamil menyebut berjalan dengan lembut tanpa guncangan. Dia berharap di Juni tahun depan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah bisa digunakan masyarakat luas.

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Capai 88,8 Persen - Niaga.Asia

"Tidak ada guncangan sama sekali, karena kereta berjalan dengan lembut. Semoga Juni 2023 sudah bisa dipergunakan bagi publik dan meningkatkan ekonomi Jawa Barat dan DKI berlipat-lipat," ucap Ridwan Kamil.

Ia menyebut uji coba dilakukan dengan kecepatan hanya 80 km per jam. Namun, kecepatan aslinya bisa mencapai 350 km per jam yang dapat membuat perjalanan Jakarta-Bandung hanya menjadi 40 menit.

"Tinggal di Bandung dan kerja di Sudirman-Thamrin Jakarta, sekarang menjadi mungkin. Karena konsep jarak bukan lagi berapa jauh tapi berapa lama," tutup Ridwan Kamil. (MG/Dicky)

Sumber: finance.detik.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   
 
 

Terima kasih sudah menonton. Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.